Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 15:37 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit gusi dapat menginfeksi atau bahkan merusak gigi. Penyakit tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 15 persen.

Meskipun demikian, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit gusi, salah satunya dengan konsumsi nutrisi yang membantu pencegahannya. Berikut di antaranya:

1. Daging tanpa lemak
Tak sembarang daging dapat mencegah penyakit gusi, sehingga pastikan Anda memilih daging tanpa lemak. Lemak binatang diketahui buruk bagi jantung, sehingga sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya.

Joe Tagliarini, dokter gigi asal Amerika Serikat, mengatakan, daging sapi, daging kambing, dan tiram kaya akan kandungan seng, mineral yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-oksidan, dan meningkatkan sistem imun yang melawan penyakit gusi.

"Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada daging maupun makanan laut pun bisa membantu melawan penyakit gusi," ujar dokter gigi dari Comprehensive Dental Health ini.

2. Biji-bijian utuh dengan susu dan jus jeruk
Kombinasi ini sangat menyehatkan dan baik untuk gusi. Kalsium dari susu akan membentuk gigi yang sehat dan kuat. Sementara kandungan vitamin C dari jus jeruk membantu gusi untuk melakukan penyembuhan sendiri.

Bahkan sebuah penelitian belum lama ini mengungkap, susu dapat menurunkan kadar asam dalam mulut sehingga membantu mengenyahkan bakteri. Para peneliti studi menyarankan untuk tidak mencampurkan gula dalam susu maupun jus jeruk karena gula justru dapat meningkatkan kadar asam dalam mulut.

3. Buah dan sayur
Buah dan sayur kaya akan anti-oksidan yang meningkatkan sistem imun. Khususnya sayur-sayuran hijau seperti bayam, ubi, wortel, labu, dan buah-buahan berwarna kuning, semua itu dapat memberikan sumbangan anti-oksidan yang tinggi bagi tubuh. Mereka juga mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com