Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Foto Makanan Hilangkan Rasa Puas Makan

Kompas.com - 16/10/2013, 17:51 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

 

KOMPAS.com — Mengunggah foto makanan lewat media sosial sepertinya sudah menjadi bagian gaya hidup kebanyakan orang. Namun saat akan makan, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan membuka media sosial yang berisi foto-foto makanan itu.

Menurut sebuah studi baru, kebiasaan ini dapat menghilangkan rasa puas pada makanan sungguhan yang akan Anda makan. Akibatnya, Anda lebih sulit kenyang dan cenderung makan lebih banyak.

Dalam studi yang dipublikasi dalam Journal of Consumser Psychology tersebut, para peneliti melibatkan sejumlah relawan yang diminta melihat foto-foto makanan asin dan manis. Mereka juga diminta menilai seberapa menarik tiap-tiap makanan tersebut.

Kemudian, mereka pun diminta untuk makan camilan kacang dan menilai seberapa mereka menikmati penganan tersebut.

Hasilnya, orang yang melihat foto makanan asin lebih tidak tertarik dengan camilannya daripada mereka yang melihat foto makanan manis. Selain itu, semakin banyak foto makanan yang mereka lihat, semakin mereka tidak menikmati kacang yang disediakan.

Lalu bagaimana cara media sosial yang berisi foto-foto makanan memengaruhi indra perasa Anda? Menurut para peneliti, ini berhubungan dengan rasa puas yang berangsur-angsur menurun setelah terlalu banyak makan.

"Misalnya rasa puas terhadap gigitan pizza kelima tentu lebih rendah daripada gigitan yang pertama," jelas penulis studi Jeffrey S Larson, peneliti dari Marriott School of Management, Brigham Young University, Amerika Serikat.

Hal ini ternyata juga berlaku pada rasa puas dari melihat-lihat foto makanan yang terlihat enak. Ketika harus menyantap makanan sungguhan, Anda jadi kurang dapat menikmatinya.

Para peneliti pun menyarankan agar tidak membuka media sosial untuk melihat foto-foto makanan sebelum memulai makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com