Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2013, 13:31 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com — Rata-rata orang mengalami flu dua atau tiga kali dalam setahun. Satu di antaranya mungkin merupakan flu berat yang bertahan hingga beberapa hari.

Beristirahat di rumah saat sakit flu merupakan cara penyembuhan yang lazim dilakukan. Kendati demikian, tak sedikit pula yang bersikeras tetap bekerja di kantor meski dalam kondisi sakit.

Menurut dr Jennifer Shu, dokter asal Amerika Serikat, saat pekerjaan menumpuk dan mendekati deadline, banyak orang yang tidak menghiraukan flu dan tetap memaksakan masuk kerja. Padahal cara itu justru akan memperparah sakit mereka dan memperlama proses penyembuhan.

Berikut Shu memaparkan tiga alasan untuk beristirahat di rumah saat flu menyerang.

1. Anda mudah menulari orang

Virus dapat menyebar dengan cepat dan langsung dari orang yang sakit ke yang sehat, misalnya melalui jabat tangan atau memegang peralatan yang sama. Beberapa virus bahkan bisa bertahan lama pada kulit dan permukaan lainnya selama beberapa jam dan menginfeksi orang lain juga.

Ditambah lagi, virus dapat menyebar dengan lebih cepat melalui batuk atau bersin. Maka sebaiknya hindari masuk kerja jika pekerjaan Anda berkaitan dengan orang banyak atau makanan. Anda juga perlu menghindari jalan bersama anak-anak dan orang lanjut usia yang memiliki sistem imun lebih lemah.

2. Anda menjadi kurang produktif

Alih-alih mengejar deadline, bekerja saat sakit justru dapat membuat kerja Anda melambat dan sulit mencapai target. Sakit membuat Anda sulit berkonsentrasi sehingga pekerjaan mungkin akan selesai lebih lama dari biasanya.

Ya, mungkin dengan bekerja Anda bisa lebih produktif daripada beristirahat di rumah. Namun dengan begitu, Anda akan lebih cepat sembuh dan mengejar ketinggalan Anda kemudian dengan lebih efisien.

3. Anda akan lebih lama sembuh

Memaksakan diri untuk bekerja saat baru saja sakit dapat memperlambat kesembuhan Anda. Sejumlah studi menunjukkan kurang tidur akan melemahkan sistem imun dan membuat Anda lebih rentan terhadap flu.

Sebaliknya, cukup tidur akan meningkatkan sistem imun sehingga memudahkan tubuh melawan infeksi virus. Maka saat baru saja sakit, idealnya, Anda perlu banyak tidur dan tidak memaksakan diri tetap bekerja.

Namun jika Anda memang perlu bekerja, pastikan Anda menjaga jarak dengan orang lain. Cuci tangan sesering mungkin, dan gunakan masker atau saputangan untuk menutupi batuk dan bersin. Buang tisu bekas pakai segera mungkin dan cuci tangan lagi setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com