Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2013, 11:23 WIB
Tanya:
Dok, Saya menikah pada bulan Februari 2013, dari sejak haid pertama kali sampai Juli 2013 selalu lancar yaitu setiap tanggal 9 atau 10. Tetapi pada Agustus 2013 saya haid tanggal 6 Agustus (lebih cepat dari biasanya), lalu saya ke dokter diberi obat primolut dan dipthen, setelah minum primolut saya haid lagi pada 19 Agustus 2013, dan pada hari kedua haid (20 agustus 2013) saya minum dipthen selama lima hari. Mau menanyakan dok, sampai September 2013 saya belum haid. Kenapa ya dok? Apa memang siklus haid yang menjadi tidak teratur atau karena pengaruh dari obat itu? Terima kasih jawabannya ya Dok.
Ilmia Sugiyono (29)

Jawab:
Ibu ilma Yth,
Gangguan haid bukan karena obat. Ibu haid enam hari lebih cepat, mungkin karena variasi hormonal saja. Diberi premolut, haid tanggal 19 itu karena premolut, bukan haid. Dan pemberian diphten lima hari itu untuk penyubur, yang kurang efektif pada haid/perdarahan karena premolut. Jadi sebaiknya obat di-stop dulu, tunggu siklus haid berikutnya. Semoga haid kembali teratur dan segera hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com