Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2013, 10:01 WIB


TANYA :

Saya seorang istri dengan 3 anak. Sudah menikah selama 9 tahun. Selama ini  saya dan suami melakukan hubungan seks seminggu 1-2 kali.  Padahal, saya ingin dua hari sekali. Tetapi, suami tidak bisa memberikan sebanyak itu.  Yang jadi masalah...akhir-akhir ini saya malah menginginkan bercinta setiap hari. Malah mungkin dalam sehari itu 2 kali  keinginan itu datang. Saya harus bagaimana? Saya sudah sampaikan pada suami tentang ingin melakukannya 2 hari sekali. Tetapi untuk yang setiap hari itu saya belum sampaikan karena saya rasa itu pasti semakin memberatkannya.  Saya adalah seorang guru. Setiap hari saya mengajar dari pagi sampai siang. Saya pun sebenarnya termasuk orang yang mudah capek jika melakukan suatu pekerjaan fisik. Tetapi kenapa keinginan seks saya begitu kuat?

(Nila 35, Sidoarjo)

 

JAWAB :

Dorongan seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu hormon seks, kondisi kesehatan, faktor psikis, rangsangan seksual yang diterima, dan pengalaman seksual sebelumnya. Kalau semua faktor ini baik, maka dorongan seksual Anda baik bahkan kuat.

Sebaliknya, kalau ada faktor tersebut yang terganggu, maka dorongan seksual juga terganggu, bahkan hilang. Masalahnya, suami Anda tidak dapat memenuhi keinginan seksual Anda.

Kesenjangan ini sebaiknya memang tidak dibiarkan. Harus dibicarakan dengan suami agar kehidupan seksual tetap harmonis. Dalam keadaan begini, saya pikir fungsi seksual suami harus ditingkatkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan bila menggunakan obat tertentu.

Tetapi tentu harus diketahui mengapa terjadi kesenjangan ini. Apakah fungsi seksual suami yang kurang optimal? Karena itu harus diketahui dulu mengapa terjadi kesenjangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com