Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2013, 09:20 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Perceraian diketahui memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, baik mental dan emosi, serta fisik seseorang. Bahkan, baru-baru ini sebuah studi menyatakan, perceraian juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan fatal yang berujung kematian.

Studi yang dipublikasi dalam Social Science Research tersebut bahkan menyebutkan, angka kejadian kematian kelompok tersebut lebih tinggi daripada orang-orang yang berpendidikan rendah.

Studi tersebut menganalisa data dari 1,3 juta orang Amerika berusia dari mulai 18 tahun ke atas yang selamat atau meninggal karena kecelakaan selama tahun 1986 hingga 2006.

Menurut studi tersebut, orang yang bercerai dua kali lebih mungkin untuk meninggal dalam kecelakaan dibandingkan mereka yang menikah, terutama untuk jenis kecelakaan yang sebenarnya dapat dicegah seperti akibat api atau keracunan. Sementara itu, untuk risiko kematian akibat kecelakaan yang sulit dihindari seperti kecelakaan kapal atau pesawat, risiko kedua kelompok sama.

Para peneliti menemukan, angka kejadian orang yang bercerai untuk meninggal di suatu kecelakaan yang dapat dihindari dua kali lebih besar daripda mereka yang menikah. Meskipun angka kejadian untuk meninggal pada kecelakaan yang sulit dihindari tetap sama.

Keadaan tersebut hampir sama jika dibandingkan antara orang yang berpendidikan rendah dan tinggi. Studi menemukan, orang berpendidikan rendah risiko meninggalnya dua kali lebih tinggi di dalam suatu kecelakaan yang bisa dicegah dibandingkan dengan orang yang berpendidikan tinggi. Dan pada kecelakaan yang tidak dapat dicegah, risikonya sama.

Ketua studi Justin Denney, asisten profesor sosiologi di Rice University mengatakan, orang pendidikan tinggi secara umum keadaan ekonominya lebih baik, sehingga lebih memungkinkan untuk mencegah kematian misalnya dengan memiliki fasilitas pemadam api. Itu adalah salah satu upaya untuk mengamankan mereka dari api.

"Orang berpendidikan tinggi juga seringkali mendapatkan informasi lebih baik untuk antipasi penanganan bencana dan perilaku yang berbahaya bagi kesehatan, misalnya penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang," ujarnya.

Denney juga mengatakan, orang yang memiliki pernikahan harmonis umumnya dapat saling mengingatkan satu sama lain. "Mereka saling mendukung untuk tetap sehat dan saling membantu dalam keadaan darurat medis, itulah yang tidak dimiliki oleh orang yang bercerai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com