Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2013, 11:19 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong


KOMPAS.com —
Musim hujan tiba, risiko penyakit seperti flu umumnya meningkat. Jika tidak menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, Anda bisa saja terserang penyakit yang satu itu.

Dr Woodson Merrell, direktur Beth Israel Medical Center untuk Pusat Kesehatan dan Penyembuhan di New York mengatakan, untuk mencegah terkena flu, ada beberapa cara tak umum yang mungkin dapat dilakukan. Berikut penjabaran dari Merrell.

1. Waspada penggunaan antibiotik

Merrell menyoroti kesalahan umum dalam mengobati flu yaitu penggunaan antibiotik. Pasalnya infeksi yang menyebabkan flu adalah disebabkan oleh virus, sementara antibiotik lebih tepat untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri. Belum lagi, risiko penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat memicu resistensi bakteri sehingga membutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi di kesempatan minum antibiotik berikutnya.

2. Hirup uap mentol

Mungkin terdengar seperti nasihat lawas, tetapi menurut Merrell, ini adalah cara yang efektif dalam mencegah ataupun mengobati flu. "Mentol dapat berperan sebagai ekspektoran, dekongestan yang dapat membantu melawan infeksi, baik demam maupun flu," jelasnya.

3. Periksa kadar vitamin D Anda

Tubuh secara alami memproduksi vitamin D, tetapi Anda butuh paparan sinar matahari untuk mengaktifkannya. Namun yang mengejutkan, menurut Harvard School of Public Health, hampir satu miliar orang di dunia kekurangan vitamin D dalam tubuhnya.

"Padahal vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting pada sistem imun," ujar Merrell.

Sebuah penelitian di Jepang pada 340 anak menunjukkan, peserta yang diberi suplemen vitamin D 40 persen lebih tahan terhadap flu daripada mereka yang diberi plasebo. Tak hanya untuk flu, vitamin D juga diketahui membantu untuk melawan infeksi apa pun secara umum.

4. Tingkatkan kelembaban ruangan

Sebuah studi menunjukkan, virus flu lebih sulit bertahan hidup di lingkungan yang lembab karena secara umum mereka hidup di lingkungan dengan tingkat kelembaban rendah. Karena itu, jika kelembaban ruangan diatur lembab, virus flu akan sulit menginfeksi manusia.

5. Bergeraklah

Penelitian menunjukkan, olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan setiap hari dapat mengurangi risiko terinfeksi flu hingga sepertiganya. Sebuah studi yang dipublikasi dalam Science in Sport & Exercise menghitung laju infeksi pada 641 orang yang dikelompokkan menjadi tidak aktif dan aktif sedang. Hasilnya, mereka yang aktif lebih sulit terkena infeksi hingga 33 persen dibandingkan yang tidak aktif.

6. Perbanyak makan sayur dan buah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com