Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2013, 09:19 WIB

 

TANYA :

Dokter, sebenarnya yang ingin konsultasi adalah pacar saya. Dia mengeluh beberapa kali bermimpi kalau ia sering ditiduri oleh laki-laki dengan cara seks perbudakan (BDSM). Dia bilang, dia tidak pernah mengonsumsi tontonan atau bacaan yang berhubungan tentang homoseks. Dan ia juga menyukai wanita. Tetapi, dia tidak pernah bermimpi tidur dengan wanita melainkan dengan laki-laki. Apakah ada kecendrungan biseksual? Mohon penjelasannya dokter. Dia meminta saya untuk konsultasi karena ia sendiri takut. Dia berusia 20 tahun. Terima kasih..


(Indriyani, 20, Bogor)


JAWAB :

Mestinya perlu diperjelas apa yang dimaksud dengan "menyukai wanita". Apakah berarti dia hanya tertarik kepada sesama wanita? Atau juga tertarik kepada pria? Ini harus jelas kalau Anda ingin mengetahui bagaimana sebenarnya orientasi seksual pacar Anda.  

Kalau dia hanya tertarik dan terangsang kepada sesama laki-laki, maka dia seorang homoseksual. Tetapi kalau dia juga tertarik dan terangsang kepada pria selain kepada perempuan, maka dia seorang biseksual.

 
Memastikan orientasi seksual tidak dapat hanya berdasarkan apa yang terjadi dalam rmimpi. Tetapi mimpi erotik dapat dijadikan dugaan orientasi seksual seseorang. Untuk memastikan tentu diperlukan konsultasi yang mendalam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com