Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Turun karena Infeksi atau Masalah Pola Makan?

Kompas.com - 25/11/2013, 14:14 WIB
Tanya:
Dok apa sebabnya anak satu tahun susah makan dan minum? Saya khawatir sakit flek paru-paru yang katanya tanda-tandanya anak susah makan minum. Karena kurang minum susu formula, akhirnya hanya minum air putih. Kalau kebanyakan air putih kekenyangan jadi susah makan. Padahal dulu makan mudah sekali, tiga kali sehari porsi besar. Badan anak saya jadi sering hangat seperti dehidrasi. Anak seperti melakukan gerak tutup mulut. ASI masih diberikan tapi tambahan sufor tidak mau. Anak saya mukanya lesu, berat badan turun. Cuma mau menyusu dan air putih. Susunya biasanya tiga kali sehari sekarang hanya sekali sehari itu pun hanya 80 ml, biasanya 100ml. Dalam dua minggu beratnya juga turun 3 ons. Bagaimana solusinya ya dok?
Golda Naya, 30, Jakarta

Jawab:
Kesulitan makan dapat terjadi pada beberapa kondisi, seperti pola makan dan pola asuh yang kurang optimal, penyakit infeksi kronis atau berulang dan sebagainya.

Pola asuh dan makan yang saya maksud adalah apakah pemberian ASI masih terlalu dominan, ibu sering memberikan ASI saat jam makan? Atau apakah ibu bekerja atau ada pengasuh di rumah, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan proses makan pada anak.

Mengenai infeksi kronis seperti tuberkulosis (TB paru) maka harus diperiksakan lebih teliti, begitu pula dengan kemungkinan lain seperti infeksi saluran kemih yang dapat juga menyebabkan nafsu makan dan berat badannya turun.

Sebaiknya ibu segera membawanya berobat untuk diperiksakan lebih seksama sehingga penyebabnya dapat ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com