Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2013, 16:39 WIB
Wardah Fajri

Penulis


KOMPAS.com
- Banyak faktor yang menimbulkan kelelahan dalam bekerja. Untuk dapat mengatasi kelelahan dengan tepat, penting artinya untuk mencermati penyebabnya.

Lifestyle Observer dan Pengajar Biologi Fisiologi Tubuh dari Shape Up Indonesia , dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt mengatakan dalam menentukan cara penanganan kekelahatan, sebaiknya dikenali lebih dulu sumber permasalahannya.

Menurut Grace, ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan untuk mengatasi kelelahan bekerja secara tepat. Pertama, kata dia, coba lihat apakah kelelahan tersebut terjadi akibat kurang tidur atau pekerjaan terlalu banyak. Jika ini penyebabnya, obatnya hanya istirahat.

Namun, jika bukan kurang tidur atau banyak pekerjaan yang menyebabkan kelelahan, kenali apakah ada kemungkinan stres sebagai penyebabnya.

"Kalau stres yang jadi sumber masalahnya, obatnya yaitu pelepasan stres, seperti meditasi, atau liburan yang sifatnya ke arah emosional," terangnya kepada Kompas Health.

Kalau tidak merasa mengalami stres, tahapan kedua adalah coba kenali apakah kelelahan tersebut berkepanjangan? Jika itu yang terhadi, bisa jadi penyebabnya karena kekurangan nutrisi. Juga bisa disebabkan karena pola diet yang keliru atau pola makan berantakan.

"Kalau ini yang terjadi, perbaiki pola makannya," saran Grace.

Cara lain yang perlu juga dipikirkan adalah tes darah. Hal ini perlu dipertimbangkan untuk melihat apakah ada faktor penyakit yang menyebabkan kelelahan.

"Kita tidak bisa langsung mengaitkan kelelahan dengan satu faktor misal makanan saja. Banyak hal yang harus dirujuk. Lihat penyebabnya, bukan semata mengaitkan lelah dengan asupan makanan. Makanan bukan obat dari semuanya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com