Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2013, 14:31 WIB
Tanya:
Dok, anak saya Azzam, 3,5 tahun, susah makan, bagaimana ya cara menyiasatinya? Jika makan terkadang mau muntah. Azzam mengalami ini enam bulan terakhir. Biasanya banyak makan dan suka sayur, sekarang agak sulit dan seringnya makan yang kering. Kadang makan kuah sedikit, Kalau makan bakso, mie pangsit, fried chicken agak banyak. Padahal sejak dulu dibiasakan makanan rumahan, hanya sesekali beli makanan luar.
Lidia Aryanie, 32, Malang

Jawab:
Anak seusia si kecil memang sudah mulai pandai memilih jenis makanan yang diinginkannya (picky eater). Mungkin saja saat ini ia sedang mengalami kebosanan dengan menu dan jenis makanannya.

Pendekatan psikologis yang tepat, seperti membuat suasana makan yang nyaman dan menyenangkan, menu dan penyajian makanan yang menarik, kesabaran dan kasih sayang yang terus diberikan selama proses makan, kedisiplinan sesuai tingkat pemahaman dia, akan membantunya mulai kembali menyukai makanan seperti sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com