Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2013, 11:34 WIB
Tanya:
Dok, anak saya usianya 5,5 bulan, di badannya muncul merah-merah, ada yang bintil kecil ada juga seperti bentol. Saat pagi lebih terasa kalau diraba, seperti biang keringat tapi menyebar mulai dada ke sepanjang lengan, bokong belakang ke paha belakang. Anak saya full ASI dan tanda kemerahan ini muncul tidak disertai demam atau rewel. Dia berbakat alergi tapi selama 5,5 bulan belakangan baik-baik saja. Waktu kakaknya dulu selama menyusui, saya tidak bisa mengonsumsi produk susu karena alergi. Ini kenapa ya Dok?
Armelia, Jakarta

Jawab:
Kemerahan di kulit bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi, biang keringat (miliaria), infeksi, dan sebagainya. Alergi dapat terjadi bila si kecil memiliki bakat (keturunan dari orangtua yang alergi). Infeksi dapat disebabkan langsung oleh bakteri, virus maupun jamur. Kondisi lain seperti dermatitis kontak dapat terjadi bila ibu menggunakan/mengusapkan minyak telon atau minyak kayu putih ke kulitnya.  Secara umum, untuk kelainan kulit sebaiknya harus diperiksa secara langsung mengingat banyak kondisi yang mirip satu sama lainnya sehingga perlu ketepatan pemeriksaan. Ada baiknya ibu membawanya ke dokter terdekat untuk memastikan kondisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com