Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2013, 14:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Yoga memang bukan olahraga permainan yang bisa dilakukan dalam tim. Namun bukan berarti yoga tidak bisa dilakukan bersama pasangan.

Bahkan menurut pelatih yoga dari Los Angles, Briohny Smyth, yoga yang dilakukan bersama pasangan akan membuat kegiatan yoga semakin menyenangkan. Smyth pun kerap melakukan yoga berpasangan bersama suaminya yang juga pelatih yoga Dice Iida-Klein.

"Yoga bersama pasangan akan mempermudah melakukan gerakan-gerakan yoga yang cukup rumit," ujar Bri, sapaannya, saat ditemui di sela-sela kelas yoga pada Namaste Festival, Jumat (29/11/2013) di Jakarta.

Menurut Bri, gerakan-gerakan rumit seperti headstand dan handstand dalam yoga akan semakin mudah jika dilakukan dengan pasangan. Gerakan tersebut bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh.

"Dengan melakukan gerakan ini dengan pasangan, kita tidak perlu membutuhkan bantuan dinding atau pohon sebagai pijakan melatih gerakan ini," terang ibu satu anak yang dikenal dalam kelas Inversions and Arm Balances-nya.

Bri mengatakan, berlatih yoga dengan pasangan memang menarik dan patut untuk dicoba. Namun sebelum mencobanya, Anda juga perlu memperhatikan faktor keamanan. Pasalnya gerakan-gerakan cukup rumit yoga berpasangan tergolong dalam yoga tingkat intermediate.

Kendati termasuk dalam tingkat intermediate, kelas Bri dan Dice bisa dibilang termasuk dalam kelas yang paling diminati sepanjang Namaste Festival. Dalam kelas "ABC's of The Inverted Yoga Practice", peminatnya bahkan mencapai 80 orang. Terlihat dalam peserta sutradara dan produser film kenamaan Indonesia Nia Dinata.

Menurut Dice, yoga sangat baik untuk keseimbangan antara tubuh dan pikiran. "Jangan takut melakukannya yang terpenting berani mencoba dan latihan maka hal apapun dengan pikiran positif bisa dilakukan," katanya.

Pasangan Bri dan Dice mengaku sangat antusias untuk menjadi bagian dari Namaste Festival. Meski baru pertama kali, mereka mengungkapkan kebahagiaan mereka untuk melihat animo peserta yang bersedia mengikuti kelas dan mencoba gerakan-gerakan yoga mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com