Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2013, 07:25 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com- Madu ternyata tidak hanya berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi air hangat dengan lemon dan madu ternyata bisa membantu wanita mengurangi berat tubuhnya. Rutin konsumsi minuman ini selama seminggu bisa mengurangi bobot tubuh sebanyak 3 pon, atau setara 1,4 kilogram.

Masyarakat kemudian mengenalnya sebagai diet madu atau honey diet. Penulis asal Inggris, Mike McInnes, menjelaskan tentang diet madu dalam bukunya yang berjudul  The Honey Diet.

McInnes menjelaskan, diet madu dimulai dengan minum air hangat yang diberi perasan lemon dan madu sebanyak 1-2 sendok makan. Madu dalam diet ini akan menggantikan kebutuhan gula dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, diet madu juga mensyaratkan pengurangan konsumsi karbohidrat sederhana dan menggantinya dengan karbohidrat komplek. karbohidrat sederhana terdapat dalam kentang, gandum, atau nasi.

Diet madu juga mengharuskan konsumsi sebanyak mungkin sayur. Konsumsi buah juga sebaiknya tidak terlalu banyak, karena kandungan gula dalam buah sudah digantikan madu.

Kendati begitu pendapat berbeda diungkapkan nutrisionis, Rania Batayneh, M.P.H., yang juga penulis The One One One Diet. "Orang bisa menyebutnya diet apa saja. Namun bagi saya ini adalah diet iseng," ujarnya. Hal ini dikarenakan diet madu mengharuskan asupan karbohidrat ekstrem rendah, yang digantikan dengan madu.

Padahal, madu sebanyak satu sendok makan mengandung 17 gram karbohidrat. Diet ketat dengan pola seperti itu sebaiknya tidak dilanjutkan. Hal ini dikarenakan pola diet seperti itu justru akan menambah kandungan lemak, setelah sekian lama dilakukan.

Saat diet, biasanya berat yang berkurang merupakan gabungan antara otot dan lemak. Namun saat berat tubuh kembali naik, hal tersebut sepenuhnya dikarenakan lemak. Kendati begitu, hal tersebut bukan dikarenakan konsumsi madu. Madu penuh kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Rania mengatakan, madu harus dipandang sebagai pengganti gula bukan makanan. Dengan sudut pandang seperti itu, pola makan akan berlangsung seperti biasa. Namun konsumsi gula sehari-hari diganti madu, yang lebih baik untuk kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com