Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asup Probiotik Saat Hamil Tak Terbukti Cegah Alergi

Kompas.com - 09/12/2013, 15:05 WIB
Wardah Fajri

Penulis

Sumber BMJ
KOMPAS.com - Penelitian terbaru mencoba mengevaluasi keterkaitan konsumsi probiotik saat hamil dengan gangguan alergi termasuk penyakit asma pada anak. Hasilnya, tim peneliti tidak menemukan bukti bahwa asupan probiotik masa prenatal ada kaitannya dengan penyakit asma dan gejala asma lainnya seperti mengi.

Riset dengan metode review sistematis dan meta-analisis dari percobaan secara acak terkontrol ini mengambil data dari berbagai sumber. Peneliti mengidentifikasi 20 percobaan terpercaya yang melibatkan total 4.866 anak. Sumber informasi berasal dari berbagai data kehamilan hingga Agustus 2013, ditambah uji klinis lima tahun terakhir di WHO.

Meghan B Azad, salah seorang peneliti, memaparkan temuannya dalam jurnal medis BMJ (dipublikasikan online pada 4 Desember 2013), bahwa sampai saat ini belum ada cukup bukti yang bisa menjadi dasar rekomendasi konsumsi probiotik untuk pencegahan asma. Perlu ada penelitian lanjutan untuk menemukan bukti akurat peran probiotik terhadap pencegahan asma anak.

Konsumsi probiotik kerap diusulkan untuk pencegahan dan pengobatan gangguan alergi termasuk asma. Dampaknya, produksi suplemen probiotik pun mengalami peningkatan. Memang, meta-analisis dari 14 percobaan acak terkontrol menunjukkan konsumsi suplemen probiotik semasa kehamilan dan masa bayi, menurunkan insidensi atopik dermatitis sebesar 21 persen.

Meski begitu, tak ada bukti klinis yang cukup membuktikan bahwa probiotik bisa mencegah asma dan mengi. Namun, pengujian pada hewan menunjukkan konsumsi probiotik semasa kehamilan bisa mencegah peradangan saluran napas dan hiper-reaktivitas.

Lebih dari setengah abad, secara global, terjadi peningkatan prevalensi asma, terutama pada anak. Sebanyak 300 juta orang di dunia diprediksi mengidap asma. Prevalensi asma juga mengalami kenaikan 50 persen per dekade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com