Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Obesitas Perlu Catat Makanannya di Buku Harian

Kompas.com - 10/12/2013, 11:35 WIB
KOMPAS.com - Anak-anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas didorong untuk membuat buku harian yang berisi catatan makanan dan aktivitas mereka, demikian rekomendasi dari pedoman kesehatan publik Inggris.

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mengatakan banyak hal yang harus dilakukan untuk mengatasi obesitas pada anak. Salah satunya, mendorong orangtua dan anak-anak untuk mencatat pola makannya.

Walau statistik menunjukan penurunan, tiga dari 10 anak berusia dua hingga 12 tahun masih memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Pedoman ini memuat banyak rekomendasi seperti perlunya dukungan yang lebih besar dari otoritas lokal, tetapi mereka menegaskan keluarga memiliki peran paling penting dalam mengatasi masalah obesitas.

Mencatat cemilan yang dimakan
Anak dengan usia sekitar 12 tahun - tergantung kemampuannya - harus didorong untuk melakukan pencatatan terhadap apa yang mereka makan dan aktivitas mereka.

"Misalnya, mendukung mereka untuk mencatat seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi atau bermain komputer, dan apa yang mereka makan sebagai cemilan dan kapan. Hal ini dapat membantu mereka untuk melihat area mana yang perlu diperbaiki."

Pedoman ini juga mengungkapkan pentingnya untuk membuat orangtua menyadari apakah anak mereka kelebihan berat badan atau tidak.

Sebuah jajak pendapat nasional yang melibatkan 1.000 orangtua dengan anak berusia empat hingga tujuh tahun menunjukan bahwa hanya 14 persen orangtua yang menyadari bahwa anaknya mengalami obesitas.

Mike Kelly, Direktur Pusat Kesehatan Masyarakat di NICE, mengatakan, "Kelebihan berat badan atau obesitas memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas kehidupan anak. Hal itu dapat mempengaruhi harga diri mereka, dan anak dengan obesitas lebih mungkin diolok-olok atau dicap negatif."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com