Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2013, 08:22 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com-
Pola makan dapat menjadi salah satu penyebab turunnya gairah dalam bercinta. Pola makan yang salah bisa menyebabkan kembung atau sebah, yang mengakibatkan hilangnya keinginan berhubungan seks.

Hal tersebut tentu bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Namun, ada beberapa makanan yang terbukti bisa meningkatkan libido. Berikut beberapa di antaranya:

1. Daging merah

Menurut penulis Eat, Drink, and Be Gorgeous, Esther Blum R. D, daging merah kaya akan kandungan seng (zinc). Zat  ini merupakan nutrisi peningkat libido yang juga ditemukan pada tiram. Zinc meningkatkan produksi testosteron dan prolactin, yang berperan penting dalam fungsi seksual.

2. Salmon

Blum mengatakan, kandungan omega-3 dalam salmon berperan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi inilah yang kemudian meningkatkan aliran darah ke area genital. Sirkulasi darah juga yang berperan meningkatkan produksi dopamin dalam otak. Dopamin adalah hormon penghasil rasa senang, yang mempengaruhi mood seseorang saat berhubungan seksual.

3. Telur

Telur adalah sumber pangan kaya protein yang meningkatkan energi dan fokus seseorang. Selain itu Blum mengatakan, telur juga kaya vitamin B6 yang membantu keseimbangan kadar hormon dan mengatur libido.

4. Oatmeal

Sarapan pagi menentukan produksi testosterone yang mempengaruhi dorongan seks. Oats misalnya, mengandung L-arginine yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi dan terbukti meningkatkan aliran darah ke area klitoris. Alasan ini tentu cukup untuk memprioritaskan oatmeal sebagai sarapan, dibanding jenis hidangan lainnya.

5. Persik

Buah persik kaya vitamin C yang meningkatkan libido pada wanita. Selain itu, buah persik juga membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh.

6. Cokelat

Blum mengatakan, cokelat kaya magnesium yang membantu tubuh tetap rileks. kondisi tubuh yang rileks membantu meningkatkan mood untuk berhubungan seksual. Menurut hasil penelitian yang dimuat Journal of the American Diabetic Association, dark chocolate mengandung phenylethylamine yang memicu pelepasan endorphin. Hormon yang menetukan rasa kesenangan ini sama dengan yang dihasilkan saat berhubungan seks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com