Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robin Lim, Selamatkan Ibu dengan Cinta (Bagian I)

Kompas.com - 23/12/2013, 16:24 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - "I love you", kata-kata ini berulang kali terucap dari Robin Lim kepada putrinya, Lakota, di tengah perbincangan Kompas Health bersamanya di Jakarta beberapa waktu lalu. Robin mengucapkannya sambil menatap putrinya, dan Lakota menerimanya dengan senyuman seraya membalas dengan kata-kata yang sama. Robin seperti tak ingin kehilangan momen untuk menunjukkan cintanya kepada orang-orang terkasih. Baginya cinta adalah kekuatan untuk melakukan berbagai hal dalam hidup. Termasuk dalam menjalani pengabdiannya sebagai bidan di Bali.

Robin Lim, perempuan peraih CNN Heroes 2011 ini adalah seorang bidan asal Amerika. Setelah melewati berbagai kesulitan dalam kehidupannya di Amerika, Robin yang telah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan mengantongi sertifikasi bidan dari Amerika, terbang ke Indonesia. Asia, lalu Bali, bukan tempat yang asing bagi Lim sebab ia dibesarkan di Filipina.

Ia menjual rumahnya di Hawaii dan bersama suaminya memutuskan untuk pindah ke Bali. Ia memilih menetap di Ubud, Bali, berdaya menjalankan misinya menyelamatkan ibu dan bayi dengan cintanya yang tak ada habisnya.

Ibu Lim, demikian Robin Lim biasa disapa di Bali, mendirikan Yayasan Bumi Sehat pada tahun 2003. Klinik Bumi Sehat di bawah naungan yayasan tersebut menawarkan perawatan prakelahiran dan bantuan melahirkan secara gratis dan sehat.

Misinya, mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran, yang masih termasuk tinggi di kawasan Asia. Motivasinya mendirikan Bumi Sehat juga berasal dari pengalaman pribadi.

Ia kehilangan sahabat dan bidan yang membantu kelahiran anaknya. Ia juga kehilangan saudara perempuan dan bayinya yang meninggal karena komplikasi saat kehamilan ketiga.

"Saya kehilangan anak kembar, saya keguguran dua kali," ungkapnya kepada Kompas Health.

Seiring berkembangnya Yayasan Bumi Sehat, banyak kalangan pun mulai meminati tempat tersebut. Ekspatriat dan selebriti juga memilih melahirkan di klinik ini dan memberikan donasi. Masyarakat Bali pun banyak yang memilih melahirkan di Bumi Sehat.

Baca Juga :

Robin Lim Selamatkan Ibu dengan Cinta Bagian II-Habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com