Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2013, 14:51 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Angkat beban dan kardio merupakan dua latihan yang berbeda namun keduanya sama-sama bermanfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga kebugaran ataupun menurunkan berat badan. Namun jika melakukan keduanya dalam satu sesi latihan, manakah yang harus dilakukan lebih dulu?

Menurut psikolog olahraga asal Amerika Serikat, Marta Montenegro, yang paling tepat untuk dilakukan lebih dulu adalah angkat beban. Angkat beban yang dimaksudkan juga berupa latihan kekuatan, termasuk push up, squat, dan gerakan-gerakan lain yang menggunakan beban tubuh sendiri.

"Ketika tujuannya untuk melangsingkan dan membentuk tubuh, latihan kekuatan sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum kardio," ujarnya.

Montenegro menjelaskan, latihan kekuatan akan meningkatkan sistem energi anaerobik tubuh, sehingga saat melakukan kardio seperti berlari di treadmill atau bersepeda, tubuh akan lebih banyak membakar lemak. Serta, sistem aerobik tubuh pun semakin aktif.

"Ini artinya, lebih banyak kalori yang dibakar, tidak hanya saat latihan, tetapi juga setelahnya," jelas dia.

Selain itu, menurut Montenegro, jika melakukan kardio dulu sebelum latihan kekuatan, tubuh biasanya sudah lelah dan lemah. Maka hasil dari latihan kekuatan pun tidak akan optimal.

Alasan lainnya untuk melakukan latihan kekuatan lebih dulu, imbuh dia, adalah bisa lebih fokus melatih otot-otot di area tubuh tertentu. Menurut sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Strength and Conditioning menemukan, otot akan lebih mudah terbentuk saat dilatih di awal sesi latihan.

Kendati demikian, jika Anda merasa terlalu lelah untuk melakukan kedua jenis latihan tersebut berurutan di satu sesi latihan, Anda bisa membaginya di dua hari yang berbeda. Konsekuensinya, semakin banyak hari yang perlu dihabiskan di gym.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com