Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsisten Jalani Rutinitas, Tidur Lebih Berkualitas

Kompas.com - 08/01/2014, 11:11 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani rutinitas secara terjadwal dan konsisten pengaruhi kualitas tidur. Misal, jika Anda rutin berangkat kerja pada waktu yang sama setiap pagi, maka tidur Anda akan lebih baik dibandingkan jika pergi bekerja dengan jadwal tak beraturan.

Penelitian baru mengungkapkan konsisten menjalani jadwal harian, mulai waktu makan, waktu bekerja, atau aktivitas harian lainnya terkait dengan tidur yang lebih baik.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Gerontologi: Seri B ini didasarkan atas data rekaman catatan harian 50 orang dewasa muda dan 50 orang berusia matang. Rekaman catatan harian berlangsung lebih dari 14 hari.

Para orang dewasa ini merekam aktivitas harian mereka, termasuk saat keluar rumah, mulai bekerja, makan malam, juga mengukur pola tidurnya. Mulai durasi tidur, kualitas tidur, pukul berapa mulai tidur, berapa kali mereka terbangun di malam hari hingga jam berapa bangun pagi.

Para peneliti menemukan secara keseluruhan, waktu aktivitas yang lebih bervariasi lebih memengaruhi tidur ketimbang waktu aktivitas yang terjadwal. Namun, pada orang berusia matang, waktu aktivitas yang lebih bervariasi lebih bermanfaat bagi kualitas tidurnya. Hal ini tidak ditemukan pada dewasa muda.

"Sebagai contoh, orang yang melaporkan memiliki kualitas tidur baik dan jarang terbangun di malam hari, adalah mereka yang konsisten menjalani aktivitas harian sesuai jadwal rutin," papar peneliti Natalie Dautovich, dari University of Alabama di Tuscaloosa.

Menjalani jadwal harian dengan disiplin bukan hanya baik untuk tidur. Studi terdahulu juga menunjukkan, anak-anak yang memiliki waktu tidur teratur berperilaku lebih baik dibandingkan anak yang waktu tidurnya tidak konsisten.

Studi di Brigham Young University juga menunjukkan tidur teratur termasuk bangun pada jam sama setiap harinya, menurunkan kadar lemak tubuh pada dewasa muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com