Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2014, 17:20 WIB


Tanya:

Dokter Achmad, saya mau tanya. Saya rencana mau program anak ketiga dan kalau bisa sih laki-laki, karena anak pertama dan kedua saya perempuan. Bagaimana ya supaya bisa hamil lagi? Saya tidak pasang KB sejak melahirkan anak kedua beberapa bulan lalu. Apakah frekuensi hubungan dengan suami harus lebih sering atau jangan terlalu sering? Apa ada faktor makanan yang bisa menambah kesuburan? Saya melahirkan anak pertama dan kedua dengan caesar. Apakah boleh hamil lagi sedangkan jarak dari melahirkan anak kedua belum satu tahun? Saya minta penjelasannya ya dok. Terima kasih.
Dea Indriati, 28, Jakarta

Jawab:
Ibu Dea Yth.
Keputusan untuk hamil lagi menurut saya terlalu cepat. Upayakan tidak hamil dulu dua tahun, sehingga ASI nya maksimal.

Untuk memilih jenis kelamin, hingga saat ini belum ada yang efektif. Baik dengan mengatur diet maupun saat nya berhubungan. Yang paling besar kemungkinan ya adalah dengan inseminasi. Demikian ibu, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com