Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2014, 13:47 WIB


TANYA :

Dok, saya mahasiswa berumur 23 tahun. Saya sering mengalami tekanan darah rendah yang ditandai gejala-gejala seperti pusing, lemas, keringat dingin, kadang pucat dan mual. Dulu saya sempat berobat, namun dokter bilang tekanan darah rendah yang saya derita disebabkan adanya penurunan kadar gula darah. Kemudian, beliau menyarankan untuk minum atau makan yang manis-manis. Pertanyaan saya, apakah benar dok tekanan darah rendah ada hubungannya dengan gula darah rendah ? Lalu langkah apa yang harus saya lakukan? Terima kasih banyak sebelumnya dok.

(Kaka Satria, 23 tahun, 170 cm, 55kg  Bogor)


JAWAB :

Saudara Kaka Satria di Bogor yang Saya hormati.

Menurut beberapa ahli, seseorang dikatakan menderita hipotensi bila tekanan darah sistoliknya kurang dari 90 mmHg atau diastoliknya kurang dari 60 mmHg. Tekanan darah saudara berapa?

Banyak penyebab hipotensi ini, kehamilan, gangguan jantung, gangguan endokrin, dehidrasi ( kurang masukan cairan, kurang minum), perdarahan, reaksi alergi, nutrisi yang tidak baik, dan sebagainya.

Lalu, sesuai dengan pertanyaan saudara, hipoglkemi,  memang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, bahkan dapat sampai mengalami syok.

Melihat gejala-gejala yang Saudara sampaikan waktu mengalami tekanan darah ini, pusing, lemas, mual, muntah, keringat dingin, memang kemungkinan tekanan darah Saudara yang rendah bisa disebabkan oleh hipoglikemi atau reaksi hipoglikemi. Namun penyebab lain belum bisa disingkirkan begitu saja, karena gejala tekanan darah rendah pada umumnya seperti itu.

Pada saat Saudara sedang serangan seperti itu, boleh saja minum yang manis. Tetapi untuk selanjutnya, sebaiknya Saudara memilih makanan yang tidak begitu cepat menaikan kadar gula darah saudara, atau makanan yang indeks glikemiknya rendah seperti sayuran dan buah-buahan, makanan yang banyak mengandung serat. 

Bila Saudara punya kebiasaan mengkonsumsi makanan yang indeks glikemiknya tinggi (nasi putih, gandum,kandungan gula tinggi, makanan olahan, makanan cepat saji, minuman kaleng, soda)  kadar gula darah Saudara cepat naik, tetapi juga cepat turun, ini bisa memacu timbulnya reaksi hipoglikemi.  Oleh karena itu, nasi putih juga sebaiknya Anda kurangi, bisa Anda ganti dengan ubi jalar misalnya.

Olahraga secara teratur, minum air putih yang cukup, berhenti merokok, bila saudara merokok, Insya Allah juga  bisa membantu mengatasi keluhan Saudara.

Demikian. Terimakasih

Wassallam

@irsyal_dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com