Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2014, 14:36 WIB


TANYA :

Dok, saya sudah 7 bulan ini menikah, tetapi sampai sekarang saya dan suami belum pernah melakukan hubungan intim karena saya selalu dihantui takut akan kesakitan. Sebelum berhubungan, biasanya saya sudah terangsang, tetapi saat suami saya mau memulai intercourse, saya justru takut. Setiap malam ini terjadi, sampai sekarang kita berdua sudah malas mencoba untuk berhubungan badan lagi. Tolong solusinya dok! Makasih.

(Fitri, 25, Makassar)

JAWAB :

Kalau perasaan takut sakit terus muncul, tentu ini akan terus menghambat hubungan seksual. Untuk itu, tidak ada jalan lain, selain Anda sendiri yang harus mengontrol dengan pengertian yang benar.

Hubungan seksual tidak akan menimbulkan rasa sakit di pihak perempuan kalau perempuan cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis pada saat melakukannya. Jadi, sebelum Anda terangsang cukup, jangan lakukan dulu. Biarkan suami memberi rangsangan seksual yang lebih baik agar Anda cukup terangsang, barulah lakukan hubungan seksual.

Tetapi, sebagai informasi, ada suatu gangguan fungsi seksual yang disebut vaginismus. Perempuan yang mengalami hal ini juga merasa takut sakit, tetapi disertai kontraksi abnormal pada otot vagina bagian luar ketika akan melakukan hubungan seksual. Jadi, saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh agar dapat dipastikan apa yang sesungguhnya Anda alami. Selanjutnya, barulah dapat diberikan pengobatan yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com