Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2014, 17:21 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber dailymail


KOMPAS.com -
Penyakit kista membuat seorang pria kehilangan belahan bokongnya. Kisahnya diunggah di media sosial Reddit yang diberi judul "Aku tak punya belahan bokong".

Dalam media sosial tersebut, pria yang dikenal dengan nama akun TBoneTheOriginal mengatakan, belahan pantatnya harus dijahit setelah menjalani operasi berulang. Dia menjalani operasi tersebut karena kondisi medis yang menyakitkan yang dikenal dengan kista pilonidal.

Pria itu pun menjawab semua pernyataan di media sosial tersebut, termasuk bagaimana cara dia buang air besar. TBone menjelaskan, kista pilonidal yang dialaminya sudah dalam kondisi parah sehingga dia pun mengalami rasa sakit bagai terbakar yang luar biasa tepat di bawah tulang ekornya atau di antara kedua pantatnya.

Menurut situs kesehatan Mayo Clinic, kista pilonidal merupakan kista yang berbentuk seperti kantung abnormal yang biasanya mengandung rambut dan kulit. Secara umum, kondisi tersebut disebabkan oleh rambut yang mendorong ke dalam kulit.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kista pilonidal, antara lain obesitas, memiliki rambut tubuh yang banyak, dan memiliki pekerjaan yang mengharuskan banyak duduk atau mengemudi.

TBone menambahkan, dirinya harus menjalani operasi berulang kali untuk kista ini, namun bukannya membiarkannya sembuh, dokter bedah plastik malah menjahit belahan bokongnya untuk mencegahnya timbul kembali. Nyatanya, kondisi itu timbul kembali dan semakin buruk seiring bertambahnya usianya.

Namun dia mengaku tidak terlalu terganggu dengan kondisinya, pasangannya pun tidak. Dia justru menyarankan agar setiap orang mulai peduli dengan kondisi tersebut. "Periksa sekarang! Kondisiku bertambah buruk karena aku mengabaikannya," tulisnya.

Dia juga manyarankan agar tidak duduk terlalu lama di permukaan yang keras.

Awal bulan ini di media sosial yang sama, seorang pria mengaku menderita sebuah kondisi medis yang langka yaitu memiliki dua penis. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah medis diphallia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com