Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Olahraga? Ini Langkah Efektif Mulai Latihan Fisik

Kompas.com - 20/01/2014, 12:19 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda kurang aktif bergerak dalam menjalani aktivitas harian, sudah waktunya mulai latihan fisik. Namun, agar terhindar dari cedera, sebaiknya mulai latihan fisik secara bertahap dengan mengenali kondisi tubuh Anda.

Spesialis olahraga dari Indonesia Sport Medicine Centre, Andi Kurniawan, menyebutkan sejumlah langkah melakukan latihan fisik yang efektif untuk orang yang jarang bergerak atau olahraga.

Berikut langkahnya:
1. Temukan gol/tujuan, kenapa mau melakukan latihan fisik? Temukan alasan atau manfaat dari latihan fisik apa yang akan di capai? Misalnya, "Saya ingin melakukan aktifitas fisik agar lebih bugar tidak mudah lelah dan tidak mudah sakit."
2. Mulailah olahraga atau aktivitas fisik dengan yang ringan, mulai perlahan, cukup dengan 10 menit dengan intensitas yang rendah, jangan melakukan olahraga karena ikutan tren.
3. Pilihlah jenis aktivitas fisik atau olahraga yang membuat Anda senang melakukannya.
4. Buatlah perencanaan dan ditulis dalam agenda seperti halnya rapat penting di kantor. Jadwalkan juga olahraga atau aktivitas fisik karena bila tidak terjadwal, niat bergerak aktif tidak akan terjadi. Jadikan aktivitas fisik merupakan kegiatan rutin yang dijalankan setiap hari.
5.Menentukan reward yang akan diberikan kepada diri sendiri apabila berhasil menjalan latihan fisik secara teratur dalam jangka waktu tertentu.
6 Ajaklah teman dan sampaikan kepada teman anda komitmen untuk hidup sehat dan hidup aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com