Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2014, 09:17 WIB


TANYA  :

Dok, saya Gabriella.  Selama 3 hari terakhir, saya merasa sakit pada rahang. Tetapi, setelah saya kontrol ke dokter gigi, kata dia saya harus cabut 4 gigi geraham paling belakang, dan saya merasa hal itu kurang masuk akal.  Padahal, yang saya rasakan adalah rahang kiri saya yang sakit jika digerakan, seperti linu tapi bukan pada gigi. Apakah ada solusinya? Apakah berbahaya  dan sekitar 1 tahun lalu waktu saya periksakan ke dokter di kota lain,  katanya saya harus bergantian saat makan, jangan hanya pada satu sisi, apakah itu benar ? Terima kasih 

(Gabriella, 19, 154 cm, 59 kg, Surakarta)

 

JAWAB :

Halo Gabriella di Surakarta,

Rasa sakit yang anda rasakan pada bagian rahang sebelah kiri, mungkin disebabkan oleh gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna akibat ruangan pada rahang yang tidak cukup (gigi impaksi).

Tentu saja untuk menegakkan diagnosa ini diperlukan pemeriksaan penunjang, yaitu foto rontgen panoramik gigi. Jika memang pertumbuhan geraham bungsu tersebut tidak sempurna dan menyebabkan sakit seperti sekarang ini, maka perlu dilakukan pencabutan geraham bungsu tersebut.

Kemungkinan berikutnya adalah timbul dari kebiasaan mengunyah pada 1 sisi rahang, solusinya anda perlu membiasakan diri untuk mengunyah menggunakan kedua sisi rahang anda.

Kemungkinan lain yang menyebabkan rahang kiri anda sakit adalah kebiasaan mengerot-ngerot gigi atas dan bawah tanpa anda sadari (bruksism), kebiasaan menopang dagu atau rahang anda menggunakan tangan, atau mungkin beberapa tahun yang lalu anda pernah mengalami trauma pada bagian rahang kiri anda.

Anda perlu menghilangkan seluruh kebiasaan tersebut jika memilikinya, serta perlu dilakukan perawatan pada rahang anda jika memang pernah mengalami trauma.

Saat ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan kembali kepada Dokter Gigi lain, kali ini mungkin anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Drg., SpPros) atau Spesialis Bedah Mulut (Drg.,SpBM) sebelum keadaan ini bertambah parah dan anda akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Demikian Gabriella, semoga membantu. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com