Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2014, 09:32 WIB


TANYA :

Saya ini mempunyai penyakit aneh. Saya pernah  berkonsultasi ke dokter, katanya, saya asam lambung.  Yang saya rasakan, kalau saya telat makan efeknya di kepala bagian belakang terasa sangat sakit . Anehnya, saya ini setiap 2-3 jam sekali kumat kepala terasa sakit. Jadi, setiap 3 jam sekali, saya harus makan untuk menghilangkan sakit kepala itu. Yang saya keluhkan hanya itu dok. Kalau di perut dan lain-lain tida ada rasa apa-apa. Makan enak, tetapi kondisi ini mengganggu aktivitas kerja saya. Mohon bantuan saran dari dokter, apa yang harus saya lakukan dengan penyakit saya ini.

(Eko Riyanto, 30, 175 cm, 70 kg, Lampung)


JAWAB :

Saudara Eko Riyanto di Lampung

Refluks asam lambung pada gastroesophageal reflux disease (GERD) - dimana isi lambung termasuk asam lambung masuk ke dalam kerongkongan - walaupun jarang memang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala, terutama sakit kepala jenis migren.

Tetapi pada GERD ini ada gejala lain seperti rasa panas, terbakar, perih di dada. Disamping itu juga gejala, keluhan sulit menelan, mual, muntah, kembung, cegukan, rasa penuh, menyesak dan sebagainya.

Karena Saudara tidak mengalami gejala, keluhan-keluhan ini, Saya agak ragu bahwa sakit kepala yang Saudara alami berkaitan dengan asam lambung.

Karena itu, diantara beberapa kemungkinan, saya curiga bahwa sakit kepala yang saudara alami inikemungkinannya adalah semacam  reaksi hipoglikemi yang barangkali Anda alami. Seperti diketahui bahwa gula darah yang turun kadang-kadang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala.

Ini mungkin ada kaitannya dengan kebiasaan, pola makan tidak sehat yang saudara jalani. Misalnya, sering mengkonsumsi makanan yang indeks glikemiknya tinggi, seperti makanan yang banyak mengandung gula, karbohidrat olahan, lemak. Cemilan, gorengan, makanan cepat saji termasuk makanan yang cepat menaikan kadar gula darah, tetapi juga cepat turun.

Saran Saya, untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Saudara konsultasi ke dokter alhli syaraf (neurolog) setempat. Dan, sebaiknya Saudara membatasi makanan yang banyak mengandung gula, makanan olahan, makanan cepat saji, serta memilih makanan yang banyak mengandung serat, sayuran, buah-buahan. Di samping itu, Saudara sebaiknya olahraga secara teratur.

Terimakasih, mudah-mudahan bermanfaat

@irsyal_dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com