Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2014, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku optimistis target jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang mencapai sebanyak 121 juta jiwa pada 2014 bakal tercapai.

"Saat ini, jumlah peserta JKN secara nasional sudah ada sebanyak 119 juta orang," katanya, Rabu (5/2/2014) kemarin di Semarang di sela-sela Ramah Tamah dan Dialog Menteri Kesehatan RI dengan Jajaran Kesehatan di Jawa Tengah yang digelar di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang.

Sistem JKN merupakan penyatuan dari berbagai program kesehatan pemerintah, seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, dan Asuransi Kesehatan.

Menurut Nafsiah, sebenarnya pemerintah pusat, termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sudah melakukan sosialisasi berkaitan dengan JKN kepada masyarakat, tetapi mungkin masih ada kekurangan.

Oleh karena itu, kata dia, kekurangan-kekurangan yang masih ada dalam upaya sosialisasi JKN selama ini akan dibenahi, dan selanjutnya akan lebih ditingkatkan dan digencarkan.

Menkes mengakui, sejauh ini memang masih ada kekurangan dan keluhan masyarakat dalam pelayanan JKN di lapangan karena sistem ini baru berjalan satu bulan dan masih dalam masa transisi.

"Pada masa transisi ini, kami lebih menggunakan pendekatan kemanusiaan karena program JKN ini harus lebih baik dari program kesehatan yang ada sebelumnya," katanya.

Nantinya, kata Nafsiah, penerapan JKN akan terus diperluas sehingga diharapkan seluruh rakyat Indonesia pada 2019 mendatang sudah masuk dalam keanggotaan JKN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com