Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 10:48 WIB

KOMPAS.com - Alat deteksi dini kanker nasofaring—kanker di daerah leher dan kepala—yang mudah, cepat, serta akurat dikembangkan Dewi Kartika Paramita, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kit alat tes ini diberi nama IgG NPC Strip. ”IgG NPC Strip memakai protein EBV sebagai antigen untuk mendeteksi antibodi IgG terhadap protein EA pada pasien kanker nasofaring,” kata Dewi, seperti dikutip situs resmi UGM, Senin (27/1).

Penggunaan alat deteksi kanker seharga maksimal Rp 50.000 ini cukup mudah layaknya alat tes kehamilan. Bedanya, alat tes ini tidak menggunakan urine, tetapi setetes darah untuk diuji serumnya.

Darah diencerkan dengan larutan buffer yang tersedia pada kit. Selanjutnya, NPC Strip dicelupkan dalam larutan. ”Dalam waktu 3-5 menit hasilnya sudah bisa dilihat. Dinyatakan positif jika terbentuk 2 garis berwarna merah muda dan negatif jika hanya terbentuk 1 garis merah muda,” kata Dewi. (UGM.AC.ID/ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com