Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Orang Cenderung Tambah Berat Badan

Kompas.com - 07/02/2014, 11:31 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com —
Pernah menyadari celana Anda lebih ketat di Senin pagi? Itu bukan hanya perasaan Anda saja, melainkan memang itulah siklus berat badan yang terjadi.

Menurut sebuah penelitian dari para ahli dari Cornell University, berat badan kebanyakan orang mengalami penurunan kecil selama hari-hari di tengah pekan, tetapi kembali meningkat di akhir pekan.

Para peneliti mengatakan, siklus tersebut terjadi pada setiap orang. Namun, yang membedakan orang kurus dan gemuk bukan pada peningkatan berat badan di akhir pekan, melainkan berapa banyak berat badan yang berkurang selama hari-hari di tengah minggu.

Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Obesity Facts tersebut, 80 peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama yaitu terdiri dari orang-orang yang sedang mengurangi berat badannya (rata-rata mereka mengalami penurunan berat badan tiga persen dari total berat badannya secara rutin dalam seminggu).

Kelompok kedua terdiri dari orang-orang yang berat badannya cenderung tetap (berfluktuasi antara 1-3 persen setiap minggunya). Adapun kelompok terakhir yaitu orang-orang yang bertambah berat badannya (rata-rata mengalami peningkatan berat badan satu persen dari total berat badannya secara rutin dalam seminggu).

Secara umum, peserta studi mencapai berat badan terendahnya pada hari Jumat dan tertingginya di hari Minggu dan Senin. "Ini masuk akal karena makanan di akhir pekan biasanya lebih bervariasi dan tidak terprediksi apa yang dimakan," ujar Anna-Leena Orsama, peneliti studi asal VTT Technical Research Center, Finlandia.

Kendati demikian, lanjut Orsama, setiap orang memiliki irama fluktuasi berat badan yang bervariasi. Berat badan tertinggi dan terendah dapat terjadi kapan saja di setiap minggu, tetapi berat badan cenderung menurun setelah akhir pekan berlalu.

Orsama mengatakan, studi menunjukkan berat badan yang meningkat saat akhir pekan harus dikompensasi dengan penurunan berat badan selama hari-hari tengah minggu. Semakin banyak berat badan yang dapat dikurangi sepanjang pekan, maka penambahan berat badan yang terjadi di akhir pekan tidak akan menjadi masalah.

Peneliti studi lainnya, Brain Wansink, mengatakan, perbedaan besar bagi orang yang bertambah berat badannya dan yang berkurang adalah apa yang dimakan sepanjang minggu, bukan akhir pekan. Oleh karena itu, menurutnya, kenaikan berat badan di akhir pekan tidak akan mengganggu program penurunan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com