Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 12:54 WIB
Tanya:
Anak saya berusia tiga bulan, sudah empat hari belakangan tidak mau ASI. Kalau melihat payudara dia seperti ketakutan. Apa ya sebabnya? Payudara saya sekarang jadi lebih besar sebelah kanan.
Dede, 28, Kuningan

Jawab:
Dear mom Dede,

Senang ya mom anak usia tiga bulan masih diberikan ASI, semoga bisa ASI eksklusif sampai enam bulan dan anaknya tetap sehat ya mom.

Sepertinya bayi mom Dede sedang nursing strike ya, atau menolak menyusu, dan seringkali apabila hal ini terjadi ibunya akan merasa cemas, khawatir dan sedih. Semua perasaan tersebut adalah wajar, tetapi semoga tidak berlarut ya nanti bisa mempengaruhi kerja hormon oksitosin sehingga aliran ASI menjadi kurang lancar.

Nursing strike pasti ada penyebabnya, dan hal yang paling jitu untuk mengatasi nursing strike adalah untuk mencari dan menghilangkan penyebabnya. Penyebabnya bisa dari bayi (misalnya sedang mau sakit, mau tumbuh gigi, ada sariawan/jamur, mulai gampang teralihkan perhatiannya, dll), atau dari ibu (ganti sabun mandi/minyak wangi, ibu sedang stress/tegang, posisi penyusui kurang nyaman, hamil kembali, dll) ataupun dari faktor eksternal (penggunaan dot, perubahan suasana rumah/pengasuh, dll).

Rata-rata butuh beberapa hari, atau bahkan minggu, untuk mengatasi nursing strike. Jadi tetap semangat ya mom, kalau penyebabnya sudah ketemu dan diatasi, pasti bayinya mau menyusu kembali.

Sementara mencari penyebabnya, mom Dede bisa coba skin to skin sama bayi sesering mungkin, dan tetap menawarkan untuk menyusu tanpa memaksa. Jangan lupa apabila bayi masih belum mau menyusu, agar ASI tetap diperah untuk menjaga kestabilan produksi.

Semoga lekas teratasi ya mom nursing strike-nya, dan bisa kembali menyusui dengan nyaman dan bahagia.  

Salam ASI,
Mia Sutanto SH, LLM, Konselor Menyusui
Ketua Umum AIMI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com