Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2014, 09:46 WIB


TANYA :

Saya menikah baru setahun dok, tetapi selama saya berhubungan seksual,  istri saya belum pernah sampai klimaks. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Satu lagi dok, normalnya berhubungan mulai penetrasi sampai ejakulasi itu berapa lama? Saya bila berhubungan seksual, session pertama paling lama cuma 10 menit, apakah itu normal itu dok?Terima kasih.

(Amien, 24, Malang)

 

JAWAB :

Ada beberapa penyebab mengapa perempuan tidak dapat merasakan orgasme (kenikmatan seksual). Pertama, tidak cukup terangsang ketika melakukan hubungan seksual sehingga tidak atau kurang mengalami reaksi seksual.

Kedua, posisi hubungan seksual tidak efektif bagi perempuan. Ketiga, pihak pria mengalami disfungsi seksual, yaitu ejakulasi dini atau disfungsi ereksi. Kalau Anda mengalami ejekulasi dalam waktu 10 menit dan selama itu aktif, melakukan gerakan hubungan seksual, sebenarnya itu cukup lama.

Tetapi dalam konteks pasangan, yang perlu diperhatikan apakah pasangan Anda sudah mencapai orgasme atau tidak. Jadi jangan hanya berpatokan pada berapa lama hubungan seksual dilakukan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com