Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2014, 14:16 WIB

 

Tanya:

Dok, putri saya berusia dua tahun sembilan bulan, sudah enam hari ini tubuhnya muncul bercak merah seperti campak. Awalnya hanya di bagian perut saja, sekarang sudah menyebar rata di seluruh tubuhnya termasuk wajah tangan dan kaki, tetapi dia tidak mengalami panas, demam, batuk, dan pilek serta nafsu makannya juga tidak masalah. Anak saya juga sudah imunisasi campak. Saya periksakan ke dokter hanya dikasih paracetamol (padahal anak saya tidak panas) dan obat gatal. Yang saya minumkan hanya obat gatalnya saja. Kalau dilihat dari gejalanya apakah penyakit putri saya termasuk campak? bagaimana perawatannya apakah boleh mandi atau tidak?

Asih Suwarsini, 33

Jawab:
Ibu Asih yang baik,
Bercak merah yang terjadi di tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya alergi terhadap sesuatu zat seperti debu, makanan tertentu, dan biasanya disertai oleh rasa gatal, bercak merah yang menimbul seperti pulau-pulau kecil. Penyebab lain bisa saja karena infeksi virus, termasuk campak.

Gejala campak yang klasik adalah demam tinggi disertai gejala infeksi saluran napas seperti batuk pilek, mata merah dan berair/belekan, kemudian mucul gejala kemerahan yang merata di seluruh tubuh, kemudian demam menurun. Saat penyembuhan, lesi kemerahan kulit tersebut akan berubah menjadi kehitaman terlebih dahulu sebelum akhirnya menghilang.

Bila si kecil hanya mengalami kemerahan kulit saja kemungkinan besar bukan campak, dan biasanya bersifat ringan. Mengenai imunisasi campak, sudahkah ia mendapatkan imunisasi MMR pada usia 15 bulan? Karena salah satu komponen MMR (Measles Mumps Rubella) selain untuk mencegah penyakit gondongan dan rubella, juga menguatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi campak (Measles), bila belum, sebaiknya dilengkapi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com