Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Bayi Stagnan karena Tolak Makanan

Kompas.com - 03/03/2014, 11:14 WIB
Tanya:
Dok, anak saya 11 bulan, dia susah makan. Saya sudah mencoba semua makanan. Saya cari info makanan yang bagus gizinya, tapi anak saya masih enggak mau makan padahal saat saya coba rasanya enak. Berat badannya hingga 11 bulan masih 7 kg. Saya sudah ke dokter. Dokter bilang harus minum susu, tapi anak saya enggak mau minum sufor, susu soya pun enggak mau. Dia hanya mau minum ASI. Bagaimana ya supaya anak saya nafsu makannya naik?
Wiwi, 24, Jakarta.

Jawab:
Ibu Wiwi yang baik,
Makan pada anak adalah sebuah proses pendidikan. Sebagai sebuah proses pendidikan tentunya perlu dilakukan secara berkesinambungan, berulang (repetitif), disiplin dan tentunya dalam suasana yang menyenangkan.

Selain itu, sebaiknya pada saat jam-jam makan utama (pagi-siang-sore/malam), pemberian ASI/susu formula maupun camilan sebaiknya dihindari mengingat hal tersebut dapat mengganggu proses pembelajarannya untuk makan. Tentunya aspek lain yang tidak kalah penting adalah mengenai variasi rasa, warna dan tekstur makanan disesuaikan dengan kemampuan dan kesukaan si kecil.

Proses ini tentu tidak semudah diucapkan, namun setiap anak selalu memiliki kemungkinan yang sama untuk “sukses” dalam mencapai kemampuan makannya. Faktor kesabaran dari orangtua yang melatihnya makan sangat penting untuk mencapainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com