Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ereksi Tiap Pagi Tanda Gairah Pria Masih Tinggi

Kompas.com - 04/03/2014, 17:40 WIB
KOMPAS.com — Sebagian besar pria mengalami ereksi pada pagi hari tanpa ada rangsangan seksual yang menyertai. Kondisi ini wajar terjadi pada pria muda dan penting dialami pria berusia matang. Pasalnya, ereksi pagi hari menandakan kebugaran pria dan menentukan tingkat gairah seksual.

Para dokter, terutama di bidang kedokteran seksual, mengungkapkan, persoalan berdirinya penis pada pagi hari ini menjadi penanda penting. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa dikatakan dalam kondisi bugar, salah satunya yaitu masih menyalanya gairah seksual. Ini terjadi akibat adanya hormon seksual, testosteron.

Seksolog dari Universitas Udayana, Bali, Wimpie Pangkahila, mengatakan, ereksi pada pagi hari merupakan pertanda bahwa hormon seksual, testosteron, yang dikeluarkan pada malam hari masih tersisa pada pagi hari. Tak heran bila ereksi ini tidak perlu didahului dengan perangsangan dan nafsu berahi.

Menurut Wimpie, adanya hormon ini menjadi penanda penting bagi para pria. Karena hormon inilah para pria masih bisa bergairah secara seksual, sekaligus menandai kesehatannya secara umum. Bila hormon ini berkurang, gairah berkurang, kemampuan ereksi pun surut, dan kesehatan secara umum tak bakal optimal.

Kekurangan hormon ini disebut hipogonadis, yang berdampak pada penurunan gairah seksual dan kualitas hidup secara keseluruhan. Banyak pula penyakit yang bermunculan di tubuh pria akibat kondisi hipogonadis.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan agar fungsi tubuh tetap optimal, dr Cheng Wei Chen, anggota International Society of the Study of Aging Male, Chairman Thompson Medical Group RS Thomson Medical Center, Singapura, menyebutkan sejumlah caranya, antara lain:
* Tidur cukup selama lebih kurang delapan jam per hari.
* Makan cukup, tidak berlebihan, berhati-hati dalam memilih makanan.
* Cukup olahraga.
* Harus cukup istirahat dan rekreasi, menyantaikan pikiran dan tubuh.
* Jika menikah, lakukan hubungan seksual yang normal dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com