Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2014, 10:27 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber dailymail

KOMPAS.com –
Perawatan rambut tidak selamanya memerlukan produk mahal. Produk yang mudah ditemukan sehari-hari seperti kondisioner ternyata efektif dan berdampak lebih baik pada kesehatan rambut terutama untuk menyingkirkan kutu rambut.
 
Riset terbaru menemukan, kondisioner dapat membantu menyingkirkan telur kutu yang melekat pada rambut. Kondisoner yang murah sama efektifnya dengan yang mahal. Kondisioner memudahkan menyingkirkan telur kutu, terutama kutu betina yang meletakkan telur langsung pada helai rambut dengan substansi seperti lem. Akibatnya, telur kutu tetap melekat, meski sudah menggunakan obat pembunuh kutu (pediculicides).
 
Dengan riset yang sudah dipublikasikan Journal of Medical Entomology, para penderita kutu rambut disarankan membeli kondisioner untuk menyingkirkan telur kutu. Berita ini muncul setelah para ahli mengklaim, kebiasaan memotrer diri sendiri (selfie) menyebabkan epidemi kutu di kalangan remaja. Hal ini diungkapkan ahli pengobatan kutu, Marcy McQuillan, yang mengaku dua tempat praktiknya kebanjiran pasien yang umumnya adalah remaja.      
 
McQuillan mengetahuinya dari kebiasaan remaja yang menempelkan kepalanya saat selfie. Dalam riset ini, ilmuwan mengumpulkan 605 helai rambut dengan telur kutu dari 6 anak. Dari rambut tersebut, 14 persen telur kutu telah mati dan kosong.  
 
Peneliti mencoba beberapa perlakuan untuk menyingkirkan telur tersebut. Telur yang dibiarkan menempel pada rambut dan tidak diobati adalah yang paling sulit disingkirkan. Telur kutu lebih mudah disingkirkan pada rambut yang direndam dalam air deionisasi. Hal ini sama dengan rambut yang diberi kondisioner dan produk lain yang spesifik untuk menyingkirkan kutu.
 
Ketiga perlakuan tersebut memberikan efektivitas yang sama. “Tidak ada banyak perbedaan antara kondisioner dan produk pembasmi kutu komersial,” kata peneliti.
 
Menurut peneliti, air deionisasi menghilangkan fungsi lem (lubrikan) sehingga efektif menyingkirkan telur kutu. Hal yang sama terjadi pada kondisioner.      
 
Perlakuan dengan kondisioner mengurangi pergeseran rambut yang tidak dan terkena kutu. Hasilnya, kondisioner bisa efektif menyingkirkan kutu, sama dengan produk komersial dan air deionisasi.
 
“Menyingkirkan telur adalah bagian terpenting dan tersulit dalam merawat rambut berkutu, karena lem yang digunakan. Padahal telur dan kutu harus disingkirkan bersama supaya rambut kembali sehat. Kutu harus disingkirkan kurang dari 7 hari, supaya tak kembali bertelur,” kata McQuillan.
 
Kutu menular melalui kontak kepala karena hewan ini tidak lompat atau terbang. McQuillan menambahkan, setiap kali merawat pasien remaja dia selalu menanyakan apakah pernah melakukan selfie yang ternyata diakui semua pasien.   
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com