Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2014, 10:24 WIB
Tanya:
Dokter, tiga bulan yang lalu BB saya 84 kg, setelah melakukan diet lebih dari tiga bulan, saya bisa menurunkan berat badan sebanyak 12 kg. permasalahan yang saya hadapi sekarang adalah semakin susahnya menurunkan berat badan, padahal saya ingin memiliki brat 65 kg. Aktivitas olahraga 3-5 kali perminggu (jogging, fitnes, badminton) dengan durasi satu jam lebih. Selain itu ada permasalahan lain, yaitu masalah penampilan, setelah badan saya mengurus penampilan saya seperti orang sakit (pucat, kantung mata kendor dll). Apa ada pola makan khusus agar berat badan saya bisa 65 kg, dan juga penampian saya tidak seperti orang sakit. Terima kasih.
Hendra Permana, 20, Palembang.

Jawab:
Dear, Hendra
Terima kasih kembali.
Masalah Hendra hampir dialami oleh siapa saja yang ingin menurunkan BB. Kondisi ini yang dikenal sebagai fase plateau atau stuck, dimana sudah melakukan diet sehat dan ketat juga olahraga sudah “habis-habisan” namun hanya awal awal bulan saja beratnya cepat turun, setelah itu tidak turun-turun lagi.

Fase stuck ini sering membuat seseorang menjadi frustasi dan akhirnya tidak mau lagi melakukan program dietnya, padahal BB yang harus dicapai masih jauh dari jangkauan.

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab fase stuck ini? Jawabnya karena metabolisme tubuh ikut turun seiring dengan hilangnya masa otot saat terjadi penurunan BB.
Dari data yang Hendra berikan, penurunan BB yang sudah dicapai termasuk baik, karena 12 kg dicapai dalam waktu 3 bulan, baik dengan diet maupun olahraga, jadi tidak melakukan hal yang terlalu ekstrem.

Dengan BB sekarang, Hendra memiliki IMT sekitar 26,45 kg/m2 masih termasuk dalam kriteria obese. BB ideal untuk Hendra sekitar 58,5-62,3kg. Saya tidak tahu sebenarnya berapa total kalori yang Hendra konsumsi dalam sehari selama berdiet, juga bagaimana pola dietnya? Karena pola diet dan besarnya kalori yang dipangkas akan mempengaruhi penurunan BB selanjutnya.

Apa yang dapat Hendra lakukan saat ini ?
Diet
* Menggunakan diet lengkap dan seimbang, artinya semua makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral, air dalam jumlah seimbang sesuai kebutuhan.
* Jumlah yang dianjurkan saat ini sekitar 1200-1300 kkal dengan pembagian makan sebanyak 5-6 kali per hari.
* Konsumsi cukup sayur, buah dan air sebagai sumber untuk vitamin, mineral, serat dan antioksidan sehingga penampilan Hendra selalu tampak segar tidak seperti orang sakit.

Olahraga
* Terbaik dengan kombinasi olahraga aerobik (jogging, lari, renang, dansa, dll) dan pembentukan otot agar postur tubuh tampak lebih padat, tidak kendur.
* Lama olahraga antara 30-60 menit dilakukan secara teratur dengan intensitas sedang.

Gaya hidup sehat
* Tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, tidak konsumsi kafein (banyak dalam teh, kopi, coklat, soda) dalam jumlah banyak.
* Istirahat cukup akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan segar, sehingga Hendra tidak tampak pucat atau seperti orang sakit.

Saran lain:
* Jauhi stres
* Medical check up jika diperlukan
* Silakan Hendra lakukan seperti yang dianjurkan, jika masih tidak turun juga alangkah baiknya jika dikonsultasikan pada dokter gizi yang ada di sekitar tempat tinggal Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com