Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Pengapuran Sendi, Tak Perlu Ganti Lutut Total

Kompas.com - 19/03/2014, 09:40 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com- Pengapuran sendi (osteoartritis) merupakan gangguan yang mungkin terjadi di usia tua. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan operasi penggantian lutut total. Kendati cara tersebut dinilai paling efisien untuk mengatasi pengapuran sendi, namun sebenarnya pengapuran sendi juga bisa diatasi dengan cara lain, misalnya penggantian setengah lutut.
 
Dokter konsultan ortopedi dari Singapura Jeffrey Chew mengatakan, penggantian setengah lutut merupakan cara yang dapat dilakukan saat pengapuran sendi lutut berada pada satu sisi.
 
"Sehingga penggantian lutut pun tidak perlu dilakukan secara keseluruhan, melainkan hanya setengah lutut," ujarnya dalam sebuah bincang media bertajuk "Operasi Robotik Memberi Harapan bagi Penderita Nyeri Lutut" pada Selasa (18/3/2014) di Jakarta.
 
Operasi penggantian setengah lutut, jelas Jeffrey, memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan operasi penggantian lutut total. Keuntungan tersebut antara lain waktu operasi lebih cepat, yaitu hanya memakan waktu 45 menit hingga dua jam. Sementara untuk penggantian lutut total bisa mencapai waktu berjam-jam.
 
Selain itu, waktu perawatan di rumah sakit lebih singkat, sehingga biaya total lebih murah. "Biaya yang dibutuhkan untuk penggantian lutut total 29.000-30.000 dollar Singapura, sementara untuk penggantian setengah lutut sekitar 25.000-26.000 dollar Singapura," tuturnya.
 
Operasi penggantian setengah lutut juga membutuhkan waktu pemulihan lebih cepat. "Kebanyakan pasien hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk bisa kembali beraktivitas," katanya.
 
Tak hanya itu, hasil operasi bisa bertahan lama, diperkirakan mencapai 20 tahun. Meski begitu, teknologi operasi penggantian setengah lutut baru berjalan sejak 2009 di Amerika Serikat, sehingga belum bisa dibuktikan demikian.
 
"Namun teknologi ini sangat akurat dan bisa mengerjakan penggantian setengah lutut dengan presisi maka hasilnya seharusnya bisa bertahan dalam waktu yang lama," kata dia.
 
Sebelum menjalani terapi, kata Jeffrey, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh dokter, khususnya mengenai kriteria dari pasien. Pertama, pasien hanya mengalami pengapuran pada satu sisi dari lutut, serta berusia 50-65 tahun.

Pengapuran sendi terjadi karena penipisan tulang rawan (kartilago) pada sendi. Karena penipisan tersebut maka gesekan antartulang pada sendi pun akan terasa nyeri. Maka orang dengan pengapuran sendi pun menjadi terbatas untuk melakukan pelbagai aktivitas, seperti duduk bersila, jongkok, bahkan berjalan.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com