Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Butuh Asupan Nutrisi Optimal Bukan Suplemen

Kompas.com - 26/03/2014, 09:14 WIB

Tanya:
Saya punya anak lelaki umur 3,5 tahun dengan berat badan 12 kg. Belakangan dia doyan makan, tapi kenapa berat badannya sulit naik ya? Padahal saya sudah berusaha memberi makan ukuran besar tiga kali sehari plus camilan. Sekarang sudah tidak minum susu. Anaknya aktif, enggak bisa diam. Bagaimana ya solusinya? Apa ada vitamin atau suplemen buat menambah berat badannya? Sekian, terima kasih atas bantuannya.
Aisyah, 28, Jakarta Timur

Jawab:
Ibu Aisyah yang baik,
Seringkali asumsi kita sebagai orangtua menganggap asupan makanan si kecil sudah mencukupi, banyak dan teratur namun bila dianalisis asupan nutrisinya dapat saja masih belum memenuhi kebutuhan optimal sehari-harinya. Dampaknya adalah berat badan yang sulit naik.

Seorang anak memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya beraktivitas dan untuk tumbuh kembangnya termasuk kenaikan berat badannya.

Beberapa hal yang patut kita analisis adalah sudah berimbangkah komposisi zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan mikronutriennya di dalam makanan yang dikonsumsi? Sudah cukupkah kuantitas/jumlah makanan setiap harinya, dan sebagainya.

Bila memungkinkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anak anda dan ahli gizi sehingga dapat ditentukan asupan nutrisi yang optimal untuk tumbuh kembangnya.

Sedangkan hingga detik ini belum ada satu pun vitamin atau suplemen yang dapat menambah berat badan atau meningkatkan nafsu makan seorang anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com