Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Alami Turunkan Berat Badan Sebelum Hamil

Kompas.com - 27/03/2014, 17:09 WIB
Tanya:
Dok, beberapa waktu lalu saya kuret. Pada kehamilan sebelumnya saya mengalami kenaikan berat badan. Sebelum hamil lagi saya ingin menurunkan berat badan, tapi ingin cara alami. TB/BB saya sekarang 160cm/70kg. Apa ada pola makan khusus dok?
Widarti, 27, Sumatera Utara.

Jawab:
Dear Widarti,
Saya turut prihatin dengan kuret kehamilan yang sudah dilakukan, namun Widarti jangan berkecil hati, pasti nanti akan diberikan kehamilan berikutnya yang lebih baik. Jika dihitung dari data yang diberikan, IMT sekitar 27.34 kg/m2 termasuk kriteria obesitas (kegemukan). Adapun BB ideal sekitar 54kg. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan BB dan yang terbaik tentunya dengan cara alami. Apa saja kah?

Diet 1.300 kkal dengan contoh sebagai berikut:
* Sarapan: susu low fat 100 ml + cereal 3 sendok makan
* Snack pagi: buah jeruk 2 buah sekitar 150 gr
* Makan siang: nasi 100 gr + ayam saus tomat 50 gr + tumis tahu dan kacang tolo 60 gr + sayur baby buncis 100 gr.
* Snack sore: pudding buah dua potong dengan pemanis sebagai pengganti gula.
* Makan malam: nasi 100 gr + ayam udang cah daun bawang 50 gr + ungkep tempe 50 gr + tumis sayur wortel 100 gr.
* Snack malam: buah melon 100 gr.

Jika masih terasa lapar di luar waktu yang sudah diatur, Widarti dapat mengkonsumsi agar-agar/jelly yang dimasak menggunakan sweetener/pemanis, cincau hijau satu gelas yang diberi pemanis atau tambahan sayuran sebagai lalap saat makan seperti tomat, timun, lobak, daun selada, jamur kuping, dll

Minumlah hanya air putih atau teh yang tidak diberi gula, jika ingin manis silahkan gunakan pemanis atau sirup yang tidak berkalori.

Olahraga
* Sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30-60 menit dengan jenis olahraga aerobik seperti jalan cepat, lari, berenang, dll.
* Juga imbangi dengan olahraga pembentukan otot supaya tubuh tidak kendur.

Jika Widarti masih belum berhasil menurunkan BB dengan saran yang saya berikan, silahkan diskusikan dengan dokter gizi yang ada di dekat tempat tinggal Anda. Mungkin ada pengaturan diet yang masih kurang tepat dilakukan, selamat mencoba, semoga berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com