Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergaul dengan Orang Negatif Juga Bikin Gemuk

Kompas.com - 31/03/2014, 10:04 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Anda mungkin sudah memahami bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung gula akan menyebabkan gemuk. Tapi yang belum diketahui banyak orang adalah bergaul dengan orang-orang negatif ternyata juga memberikan dampak yang sama.

Memang apa hubungannya berteman dengan orang yang negatif dengan kegemukan? Ternyata ini berkaitan dengan tingkat stres.

Orang yang negatif bisa berarti mereka yang gampang mengeluh, suka membicarakan kejelakan orang lain, pemalas, dan masih banyak lagi. Menghabiskan banyak waktu dengan orang seperti ini tanpa disadari akan berpengaruh pada pola pikir kita. Karena kita sebenarnya stres, kita pun akan cenderung mencari makanan untuk mengurangi rasa stres tersebut.

Sebaliknya, berada di sekitar orang-orang yang positif akan berdampak positif pada kondisi fisik dan mental kita. Memiliki teman yang penuh optimisme dan pikiran positif lain akan membuat kita terpengaruh hal yang sama.

Penelitian mengenai hal ini dilakukan dnegan menganalisa data yang dikumpulkan dari 3.074 partisipan selama 10 tahun. Studi ini melacak berat badan partisipan dan juga paparan pertemanan yang negatif dan positif.

Mereka yang bergaul atau pun berhubungan dengan orang-orang yang penuh dukungan memiliki berat badan lebih rendah dibanding orang yang berteman dengan orang-orang negatif. Jadi, pilih-pilih teman itu memang perlu kalau ingin sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com