Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2014, 10:57 WIB
Unoviana Kartika

Penulis



KOMPAS.com -
Jika Anda pernah merasa begah setelah minum minuman bersoda, jangan khawatir karena itu merupakan reaksi normal dari tubuh. Di balik itu ternyata ada segi positif yang bisa diambil, yaitu melancarkan buang air besar (BAB).
 
Dokter pakar gastroenterologi Ari Fahrial Syam menjelaskan, rasa begah yang dirasakan setelah mengonsumsi minuman bersoda terjadi karena peningkatan gas di dalam lambung yang dipicu oleh minuman bersoda. Minuman bersoda, kata dia, mengandung gas karbondioksida yang ketika dikonsumsi akan melepaskan gas tersebut ke lambung.
 
Namun gas tersebut itu juga merangsang gerakan peristaltik di usus. Gerakan peristaltik yang lebih cepat tersebut menimbulkan rasa mulas dan keinginan untuk BAB.
 
"Maka tak heran setelah minum soda, tak lama kemudian ingin ke belakang," kata Ari dalam talk show bertajuk "Kupas Fakta Tentang Karbonasi dalam Minuman" di Jakarta, Rabu (2/4/2014).
 
Minuman bersoda merupakan minuman yang sudah melalui proses karbonasi atau pemasukan karbondioksida ke cairan dengan tekanan tinggi. Proses tersebut kemudian menghasilkan gelembung dalam minuman dengan cita rasa "menggigit" atau "krenyes".
 
Ketika dikonsumsi, minuman bersoda akan memberikan gas karbondioksida ke lambung. Namun menurut situs kesehatan Mayo Clinic, kembung juga disebabkan secara alami oleh udara yang ditelan atau dari hasil metabolisme makanan.
 
"Apalagi jika makan makanan yang menghasilkan banyak gas, seperti cokelat, keju, atau kacang. Atau banyak bicara, akan lebih banyak gas yang masuk ke lambung," pungkas Ari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com