Rabu, 25 April 2018

Health

KONSULTASI KEHAMILAN & KANDUNGAN Dr. Achmad Mediana, SpOG
Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care
Ketua Yayasan Rumah Hati dan Pendiri Jakarta Breastfeeding Center (JBFC)

Selama Hamil Sering Naik Motor, Adakah Pengaruh Polusi pada Janin?

Shutterstock Ilustrasi kehamilan


TANYA:

Saya sedang hamil anak pertama, saat ini kehamilan saya masuk 12 minggu. Setiap hari saya berangkat ke kantor dengan dibonceng sepeda motor oleh suami. Kantor dan rumah berjarak 15 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sejauh ini saya merasa tidak masalah dengan naik motor dan hasil USG menunjukkan kehamilan saya sehat. Tetapi, sebenarnya saya takut dengan efek polusi kendaraan karena setiap hari selalu macet. Apakah sebenarnya efek samping polusi pada bayi, Dok? Bagaimana cara menjaga kehamilan saya tetap sehat meski tiap hari terpapar polusi? Terima kasih.
 
(Alifah, Jakarta Timur).

JAWAB:

Ibu Alifah Yth,
Saya sangat menghargai pertanyaan ibu. Hal inilah yang setiap hari saya bahas dengan pasien saya yang hamil. Kondisi polusi di Jakarta memang sangat memprihatinkan. Namun, keadaan yang mengharuskan kita menghadapinya.

Selama hamil, saya sarankan ibu memakai masker yang baik dan memakai helm. Upayakan banyak minum dan olahraganya renang Karena air sangat membantu mengurangi risiko polusi. Makanlah dengan gizi yang baik, terutama protein, sayuran, dan buah.

Pada hari Sabtu dan Minggu kalau bisa ibu tidak naik motor. Selanjutnya pantau terus perkembangan kehamilannya. Setelah lahir, upayakan untuk ASI sampai 2 tahun. Semoga segala risiko yang didapat bisa diminimalkan.
Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat