Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SelebrASI Hadirkan Hiburan dan Informasi Seputar ASI

Kompas.com - 19/04/2014, 16:00 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Penyampaian informasi seputar pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) tidak selamanya harus dilakukan melalui seminar atau buku. Acara luar ruangan (outdoor) pun bisa efektif dalam menyampaikan pesan tersebut.

Kegiatan di luar ruang berkonsep karnaval dipilih oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dan komunitas Ayah ASI demi meningkatkan kesadaran ibu untuk memberikan ASI.

 
"Pesan-pesan pentingnya ASI sering disampaikan melalui seminar dan konseling, namun jarang disampaikan dalam acara-acara seperti ini. Itulah kenapa kami mengadakan SelebrASI," kata Wakil Ketua AIMI Nia Umar saat diwawancarai di acara tersebut di Taman Bunga Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (19/4/2014).
 
Nia mengatakan, kebanyakan keluarga di kota-kota besar menghabiskan waktu akhir pekan di mal. Daripada begitu, menurut Nia, lebih baik merasakan pengalaman berbeda dengan aktivitas luar ruangan. Sekaligus mendapat pengetahuan soal ASI dan manfaatnya.
 
SelebrASI sebenarnya dilakukan juga dalam rangka perayaan ulang tahun AIMI yang ke-tujuh tahun, serta ID_AyahASI yang ke-tiga yang jatuh pada 21 April lalu. AIMI dan ID_AyahASI diketahui telah berafiliasi menggalakkan pentingnya ASI dan berbagi apapun tentang kegiatan menyusui.
 
Dalam kegiatan tersebut, selain mendapatkan keriaan dengan hiburan musik, permainan, dan bazar, peserta juga dapat mendapatkan konseling yang di beberapa booth. Konseling tersebut, kata Nia, antara lain seputar menyusui dan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI).
 
"Pesan pentingnya ASI lebih intensif disampaikan melalui konseling tersebut," ujarnya.
 
Nia berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran keluarga terhadap kegiatan menyusui. Diharapkan pula bisa membantu AIMI mencapai tujuannya yaitu meningkatkan persentase ibu menyusui.
 
"Menyusui itu sangat bermanfaat bagi bayi, ibu, keluarga, bahkan bangsa dan negara. Menyusui membuat bayi lebih sehat, selain itu ibunya pun lebih mungkin terbebas dari risiko-risiko penyakit seperti kanker payudara hingga obesitas," pungkas konselor menyusui ini.
 
Melalui pantauan Kompas Health, peserta tampak antusias mengikuti SelebrASI. Lebih dari 100 keluarga membawa anak-anak mereka yang berusia dari bayi hingga balita untuk aktif berpartisipasi dalam acara tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com