Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Trinity "The Naked Traveler" Jaga Kesehatan Saat Melancong

Kompas.com - 24/04/2014, 11:28 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Melancong bukan lagi sekedar hobi bagi Trinity, tapi sekaligus pekerjaannya. Mulai melancong sejak kecil, Trinity sudah menyambangi 64 negara sejauh ini. Untuk menjaga stamina dan kesehatannya selama melancong, wanita ini memilih untuk banyak makan buah warna cerah.

Trinity menyadari melancong bukanlah kegiatan yang minim risiko, karena itu sebelum berangkat ia mengumpulkan banyak informasi mengenai tempat tujuannya.  Untuk menjaga kesehatannya, wanita yang sudah banyak menerbitkan buku perjalanan ini berusaha selalu menjaga daya tahan tubuhnya.

Salah satu yang tidak pernah ia lewatkan adalah memperbanyak asupan buah berwarna cerah. "Buah warna cerah itu setahu saya mengandung banyak antioksidan, membantu memperkuat daya tahan tubuh. Makanya saya selalu usahakan makan itu," tutur pemilik blog naked-traveler.com ini.

Kendati demikian, ia mengaku pernah kecolongan. Daya tahan tubuh memang tidak selalu prima sehingga ia pernah beberapa kali jatuh sakit saat traveling.

Penyakit pelancong umumnya dikarenakan interaksi dengan penduduk asli maupun pelancong lainnya, termasuk juga dari makanan. Setiap orang berpotensi menjadi karier (pembawa) dari bakteri maupun virus penyebab penyakit dan menularkannya pada orang lain.

"Saya sudah pernah kena demam berdarah, tipus, malaria, bahkan flu sudah berkali-kali," ujar penulis kelahiran Sukabumi, 11 Januari ini.

Namun bukan Trinity namanya kalau kapok melakukan perjalanan meskipun pernah sakit. Ia kemudian banyak mencari informasi mengenai pencegahan penyakit. Rutin makan buah warna cerah termasuk salah satunya.

"Belum lama ini saya juga baru tahu, dua minggu sebelum traveling sebaiknya perlu vaksin juga," katanya.

Untuk vaksin, ia melakukannya saat masih kecil. Sementara saat dewasa, ia mendapatkan vaksin hepatitis A. Namun ia belum mendapat vaksin tipus ataupun meningitis karena baru tahu informasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com