Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakaian Olahraga yang Tepat Cegah Iritasi dan Infeksi

Kompas.com - 24/04/2014, 13:28 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Memperhatikan pakaian yang dikenakan saat berolahraga sangat penting karena bisa mencegah iritasi, infeksi, dan ketidaknyamanan. Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih pakaian olahraga bagi wanita?

- Pakaian dalam
Jika Anda ingin menghindari "cetakan" celana dalam pada pakaian olahraga Anda, memakai celana dalam model thong bukanlah solusi. Celana dalam model tersebut bisa memudahkan bakteri berpindah ke area vagina sehingga berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih. Pilihlah pakaian dalam yang didesain memang untuk berolahraga.

- Pilihan bahan
Bahan katun memang bisa membuat kulit bernapas dan menyerap kelembaban. Tetapi saat berolahraga, keringat yang keluar sangat banyak sehingga pakaian berbahan katun tidak mampu menguapkan keringat dengan cepat dari kulit. Akibatnya pakaian akan basah dan berat saat kita berkeringat.

Teknologi kain modern memungkinkan seseorang bisa tetap merasa sejuk meski sedang berkeringat. Bahkan yang disebut "wick away moisture" ini bekerja seperti sumbu lilin yang mengumpulkan kelembaban tubuh ke luar pakaian sehingga keringat bisa menguap dengan cepat. Kita pun bisa terhindar dari iritasi dan ruam kulit.

- Sport bra
Bra khusus untuk berolahraga adalah elemen penting bagi atlet wanita. Jika bra yang Anda pakai tidak sesuai, bahkan gerakan ringan seperti meloncat atau push up, bisa menyebabkan efek negatif pada payudara. Sport bra memang dirancang untuk menopang payudara pada gerakan olahraga apa pun.

- Sepatu
Lengkapi koleksi sepatu Anda dengan sepatu olahraga, tentu akan lebih baik jika Anda memiliki sepatu ini lebih dari satu. Setiap jenis olahraga pada dasarnya memerlukan sepatu yang berbeda. Misalnya, sepatu lari dan sepatu tenis memiliki bentuk yang berbeda. Karateristik olahraga dan gerakan kaki akan mempengaruhi jenis sepatu yang dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com