Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2014, 07:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber askmen


KOMPAS.com -
Ketergantungan yang tinggi pada makanan siap saji atau makanan olahan membuat kita lebih rentan terpapar kontaminasi. Berbagai zat kimia dalam makanan tersebut tentu bisa berdampak negatif pada tubuh, termasuk membuat sifat maskulin pria berkurang.

Zat berbahaya dalam makanan ternyata bukan hanya bahan pengawet, pewarna, atau logam berat. Ada pula zat-zat yang bisa menyerupai hormon estrogen dalam tubuh, yang disebut dengan xenoestrogen. Biasanya zat ini dijumpai pada daging, unggas, produk susu, serta makanan olahan.

Xenoestrogen akan menyerupai efek hormon estrogen dalam tubuh. "Estrogen" ini akan dengan mudah mengikat reseptor estrogen sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda feminitas pada pria, seperti pembesaran bagian payudara dan pembesaran prostat.

Sayangnya zat-zat kimia yang mirip estrogen tersebut bukan hanya bisa dapatkan dari makanan tapi juga produk perawatan tubuh sehari-hari.

Dampak paparan xenoestrogen yang tinggi pada manusia modern bisa dilihat dari tren penurunan tingkat kesuburan pria yang dilihat dari berkurangnya jumlah sel sperma dan bentuk sperma.

Kesulitan menurunkan berat badan, berkurangnya gairah seksual dan stamina seksual ditengarai juga merupakan akibat dari estrogen dari luar tubuh ini.

Detoks

Anda mungkin akan bertanya, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek buruk xenoestrogen ini? Cara terbaik tentunya adalah memilih dengan bijaksana bahan makanan yang kita asup.

Lakukan detoksifikasi secara teratur. Detoksifikasi bisa dilakukan dengan mengurangi asupan makanan olahan, termasuk daging dan susu, dan penuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi sehingga sel dan organ vital bisa berfungsi dengan normal.

Sayangi organ liver Anda karena fungsi utama organ ini adalah membuang racun dari tubuh dan memetabolisme kelebihan estrogen dari tubuh. Karena itu, jika Anda sering minum alkohol, mengasup makanan mengandung gula, makanan yang diproses, serta sering terpapar polusi, berarti liver Anda akan bekerja keras. Akibatnya, kelebihan estrogen pun lebih sulit dikeluarkan.

Batasi asupan gula dan tepung karena kedua bahan makanan ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kondisi tersebut bisa menekan produksi hormon testosteron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com