Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2014, 11:41 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com —
Adaptasi adalah salah satu kemampuan istimewa tubuh kita. Otot dan tulang  juga beradaptasi terhadap postur dan gerakan tubuh kita, termasuk pada postur yang buruk. 

Selama bertahun-tahun, sebagian dari kita tak menyadari telapak tangan yang menempel di paha depan saat berdiri. Seharusnya telapak tangan itu menghadap paha samping.

"Telapak tangan menempel pada paha depan adalah hasil kebiasaan salah postur selama bertahun-tahun. Kebiasaan itu membuat tubuh lama-kelamaan jadi membungkuk," kata Chris Watts, pengembang olah tubuh Motion Dynamics.

Tak hanya menyebabkan kebungkukan, salah postur juga bisa menyebabkan nyeri. "Kebiasaan lari dengan tubuh condong ke depan menyebabkan nyeri di daerah pinggul," paparnya saat berkunjung ke Jakarta (28/4/2014).

Salah postur, dikatakan oleh pria yang membuka praktik di Hongkong ini, memberi dampak buruk terhadap berbagai sistem di tubuh kita. Tubuh yang bungkuk menyebabkan sistem pernapasan kurang lancar dan tubuh kurang mendapat asupan oksigen. Salah postur juga menyebabkan jaringan lunak di tubuh mengeras.

"Hal ini menyebabkan tubuh kesulitan menghantarkan sari makanan dan oksigen. Segala jenis asam mengumpul di situ dan menimbulkan inflamasi. Inflamasi ini menyebabkan terjadinya penyakit," tutur Watts.

Postur yang buruk ini selain menyebabkan kebungkukan juga menjadikan gerakan-gerakan tubuh jadi kaku. "Bungkuk dan kaku ini banyak dijumpai pada orang-orang lanjut usia. Maka, untuk membuat tubuh terlihat awet muda, kita bisa mulai dengan memperbaiki postur," katanya.

Motion Dynamics efektif mengoreksi salah postur, memperbaiki fungsi-fungsi tubuh, dan menambah mobilitas tubuh. "Kami memprogram ulang kebiasaan yang menyebabkan salah postur, memperbaiki ketidakseimbangan bantalan otot dan persendian," imbuhnya. Program tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan dan keluhan setiap orang yang berbeda karena setiap orang memiliki pola gerakan yang berbeda.

Program ini diciptakan oleh Watt berkat pengalaman praktis menangani bantalan, mekanika, dan gerakan selama hampir 20 tahun. Dalam program ini, terapis menata ulang pergerakan dasar persendian, ligamen, dan otot-otot. Gerakan yang dipakai adalah peregangan. Setiap sesi terapi seorang klien ditangani oleh seorang terapis.

Dengan jam terbang yang tinggi, dengan cepat Watts bisa mendiagnosis ketidaksimetrisan tubuh kita. Semisal bahu kanan yang lebih tinggi dari kiri dan pinggul kiri yang lebih tinggi dari pinggul kanan. Dari situ, ia bisa memberikan tiga atau empat kali terapi untuk memperbaiki salah postur. Setelah itu, klien bisa latihan sendiri di rumah. Di Jakarta, program perbaikan postur ini tersedia di Annabe Pilates Studio, Kemang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com