Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlunya Wanita Mengamati Kecantikan Fisik yang Lebih Dalam

Kompas.com - 07/05/2014, 13:59 WIB

KOMPAS.com -- Sering kali wanita becermin sekadar untuk mengamati kecantikan fisik. Namun, pernahkah wanita “becermin” untuk mengamati kecantikan fisik yang lebih dalam, yakni kesehatan wanita?

Menjadi seorang wanita adalah suatu hal yang membanggakan sekaligus membahagiakan karena wanita berperan besar dalam sebuah keluarga. Mulai dari melahirkan, merawat dan membesarkan buah hati, mengelola kesehatan anggota keluarga, bahkan turut menyokong perekonomian suatu keluarga. Saat ini peran wanita di masyarakat pun semakin meningkat sehingga sudah sewajarnya jika kesehatan wanita atau ibu menjadi perhatian.

Coba bayangkan jika kesehatan ibu terganggu, bagaimana ia dapat melaksanakan perannya di atas? Bagaimana ia dapat memperhatikan kesehatan anggota keluarga lainnya? Sesuai kodratnya, seorang wanita akan melewati berbagai fase dalam kehidupannya yang akan menimbulkan perubahan secara fisik dan dapat memengaruhi psikologinya.

Jika tidak mendapat cukup perhatian, perubahan tersebut rentan menimbulkan gangguan kesehatan. Karena itu, seorang wanita perlu melakukan pemeriksaan yang akan membantu ia melewati fase kehidupannya dengan nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan yang berarti.

Pemeriksaan yang disarankan antara lain:

1. Premarital Check Up
Pada masa sebelum menikah, kesehatan kedua calon mempelai merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan keluarga bahagia.

2. Prenatal Check Up (Awal Kehamilan)
Masa kehamilan adalah suatu fase spesial bagi seorang wanita di mana kesehatan ibu dan kandungan yang terawat sangat penting agar bayi lahir sehat.

3. Skrining Kanker Serviks (Leher Rahim)
Wanita yang sudah aktif secara seksual berisiko mengidap kanker serviks.

4. Pemeriksaan Osteoporosis
Wanita yang sudah menopause, di mana kadar estrogennya berkurang, berisiko mengalami osteoporosis.

Saat ibu sehat, tidak saja ibu yang merasakan nikmatnya, tetapi semua anggota keluarga pun akan merasakan bahagianya. Untuk itu, mulailah peduli dengan kesehatan wanita, awali menjaga kesehatan wanita dengan mengubah hal-hal kecil dalam hidup. Mari “becermin” lebih dalam untuk mengenal dan memahami esensi kesehatan wanita, serta risiko yang mengancamnya, sebagai salah satu antisipasi sebelum telanjur terlambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com