Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2014, 09:43 WIB

TANYA:

Halo Dok. Kenapa saya selalu tidak bisa konsentrasi dan selalu merasa cemas. Saya merasa seperti takut menghadapi hari esok dan perasaan takut mati. Ini yang ketiga kali saya merasa seperti ini, pertama saat melahirkan anak pertama tahun 2008, kedua akhir tahun 2012 dan sekarang setelah suami meninggal desember 2013 saya kambuh lagi, hanya saja yang sekarang saya merasa lebih parah. Mohon solusinya dok.
 
Astri Milawati (32)

JAWAB:

Mbak Astri yang baik,
Gangguan kecemasan memang banyak dialami oleh orang. Berbagai macam gangguan kecemasan bisa dialami oleh banyak orang, paling sering gangguan kecemasan panik dan gangguan cemas menyeluruh. Untuk yang terakhir sering kali dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

Orang yang mengalami kecemasan menyeluruh sering kali khawatir akan semua aspek dalam kehidupannya. Namun demikian sering kali gejalanya bertumpang tindih dengan gejala cemas panik yang biasanya ditandai dengan khas oleh gejala adanya perasaan takut mati.

Gejala-gejala cemas memang bisa dipicu oleh stres psikologis dalam kehidupan termasuk di dalamnya adalah kehilangan orang yang dicintai. Saran saya ada baiknya mbak Astri berkonsultasi ke psikiater untuk penanganan apa yang menjadi masalah mbak. Semakin cepat akan semakin baik hasil pengobatannya. Semoga saran ini bisa bermanfaat. Salam Sehat Jiwa.
 
Regards,
Dr.Andri,SpKJ,FAPM
Psychiatrist, Fellow of Academy of Psychosomatic Medicine

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com